-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dunia Kerja; Berguru Pada Senior

Selasa, 17 Januari 2017 | 18:07 WIB Last Updated 2020-02-17T14:31:04Z
Dunia Kerja; Berguru Pada Senior
Ilustrasi; google

Dunia kerja sangat sulit didapat, apalagi pekerjaan di kota besar seperti Jakarta. Pencarian pekerjaan tidak hanya mengandalkan sarjana atau ijasah, skil atau kemampuan dan bakat. Kita mencari pekerjaan, tidak semudah mengedipkan mata di depan bos atau HRD. 

Kita juga tidak hanya memerlihatkan penampilan menarik. Selain itu pencarian lowongan kerja tidak sekedar kita pergi ke sana kemari atau berkeliling sampai ke pelosok. Kita tidak hanya meteteskan air mata agar pekerjaan tersebut mudah didapat.

Pencarian pekerjaan merupakan suatu seni. Seninya di mana? Seni pekerjaan terungkap dalam jaringan. Jaringan atau koneksi menjadi hal penting selain yang sudah diungkapkan di atas. 

Tatkala kita memiliki banyak jaringan relasi, lowongan pekerjaan pun mudah didapat. Kita sangat mudah mengakses dunia kerja.

Kemampuan, skil, bakat, dan penampilan menarik serta koneksi dengan banyak orang sangat penting dalan dunia kerja. Hal ini disharingkan oleh para senior yang sudah sukses dalam dunia kerja. 

Mereka berawal dari nol. Mereka tidak berbeda jauh dengan kita yang sedang mencari pekerjaan. Pada awalnya, mereka sulit mencari pekerjaan. Derita dan tetes air mata sudah dirasakan. Hinaan dan cercaan, bahkan kegagalan pun sudah dialami.

Kini mereka meneguk bilur-bilur kesuksesan. Mereka sudah kenyang dalam pelbagai pengalaman. Atau mereka sudah matang karena pelbagai pengalaman mendewasakan mereka. 

Perjalanan hidup dan perjuangan mereka bagaikan irama pasang hidup yang penuh pesona. Dari perjalanan hidup dan perjuangan inilah, mereka berani bertarung dalam dunia kerja. Mereka tidak takut gagal. Sikap optimis dan daya juang serta iman menjadi landasan perjalanan kesuksesan mereka.

Sharing pengalaman para senior bagaikan air sejuk dikala kita sedang dahaga. Kita yang sedang haus, membutuhkan air sejuk tersebut. Saya merasa terkesan dengan pelbagai sharing mereka. Saya sangat mengagumi dinamika perjuangan mereka. 

Menurut mereka, kita tidak akan pernah sukses bila tidak punya koneksi, kemampuan, skil dan usaha keras serta kerja cerdas. Oleh karena itu, pesimisme dan sikap rendah diri wajib ditaklukan dalam diri. Niat kerja harus diasah dengan efektif.

Setelah mendengarkan pengalaman mereka, saya belajar banyak hal agar pelbagai nilai yang disharingkan menjadi kado terindah dalam proses perjuangan saya. 

Nilai-nilai itu menjadi nilai-nilai yang wajib saya hidupi dalam pencarian pekerjaan saya. Semoga, pintu kesuksesan mereka dipasang dalam ruang hidupku. Dengan demikian, nantinya, saya menjadi salah satu dari orang-orang sukses itu.

Oleh: Nasarius Fidin
×
Berita Terbaru Update