-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Begini Penjelasan Bos BTN ke DPR Terkait Pembobolan Dana Nasabah Rp 240 Miliar

Senin, 23 April 2018 | 17:49 WIB Last Updated 2019-12-04T14:37:29Z
Begini Penjelasan Bos BTN ke DPR Terkait Pembobolan Dana Nasabah Rp 240 Miliar


PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan sudah menindaklanjuti permasalahan pembobolan dana nasabah, dengan melaporkan pada regulator dan pihak berwajib.

Dilansir okezone.com, Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan kasus pembobolan dana nasabah yang terjadi pada perseroannya yakni pemalsuan bilyet deposito yang terjadi di tahun 2016. Adapun dana yang hilang sebesar Rp 240 miliar.

"Jumlahnya Rp 240 miliar secara total dan ada 4 nasabah, itu perusahaan," ujar Maryono dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi XI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (23/42018).

Dia menyatakan, pihaknya langsung melaporkan kepada pihak regulator yakni Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Untuk yang bersifat pidana dan perdata, perusahaan juga melakukan pelaporan ke pihak yang berwajib, dalam hal ini Polri.

"Kami sudah lakukan pelaporan, penyelesaian permasalahan ini diserahkan ke pihak berwajib untuk putusan yang sangat bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Dia menyebutkan hingga kini, beberapa pelaku sudah mendapatkan putusan hukum dari pengadilan. Di antaranya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah memutuskan 7 tahun kurungan pada satu pelaku, kemudian Pengadilan Negeri Jakarta Utara sudah putuskan 8 tahun penjara pada pelaku lainnya.

"Kedua itu sudah, sisanya masih dalam proses," jelasnya.

Dia menjelaskan, modus pelaku dengan mengaku sebagai pegawai BTN dan menawarkan produk dana BTN kepada nasabah. 

Dengan membawa formulir pengajuan terkait produk itu, korban pun menyetujui dan mengisi persyaratan. Kemudian, pelaku melakukan pembuatan produk tersebut atas nama nasabah, namun ketika deposit hendak dicairkan tak terdaftar atas nama perusahaan tersebut. (Sarfin)
×
Berita Terbaru Update