-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kondisi Politik Indonesia di Era Pesta Demokarasi.

Rabu, 14 November 2018 | 19:13 WIB Last Updated 2019-12-04T12:09:32Z
Kondisi Politik Indonesia di Era Pesta Demokarasi.


Negara Indonesia dikenal dengan sistem pemerintahan demokratis. Pemerintahan demokratis digambarkan sebagai  pemerintahan yang melibatkan rakyat untuk berpartisipasi dalam dunia politik.

Rakyat tidak serta merta diam dalam dunia politik. Rakyat berpartisi aktif untuk menyuarakan kebaikan dan kebenaran demi kesejahteraan umum.

Dalam kaitan dengan hal ini, Indonesia mengedepankan sistim pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, misalnya pemilihan umum (pemilu).

Pemilu sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia untuk menentukan figur yang paling tepat yang mampu menjadi pemimpin yang bijaksana.

Dalam menentukan pemimpin yang cocok, politik sangat berperan penting agar figur yang dipilih itu sesuai dengan harapan masyarakat dan mampu mensejahterakan masyarakat itu sendiri.

Namun seiring dengan adanya perkembangan,  pertarungan politik yang tidak sehat dapat memicu kebencian berkepanjangan antar kubu.

Sehingga para aktor politik tidak mendasarkan diri pada kebebasan dan kemurnian hati dalam penentuan pemimpin yang tepat.

Fakta mengungkapkan kondisi politik Indonesia perlu diperhatikan karna para politisi bukan lagi menunjukan sikap kedewasaan dalam berpolitik.

Perang politik para politisi bagaikan pertarungan kerbau jantan yang membawa korban bagi rakyat kecil.

Demikian juga peran partai politik bukan lagi sebagai lembaga yang mempunyai tujuan untuk bagaimana menjaga stabilitas negara dan memberikan pendidikan politik yang baik dan benar kepada masyarakat.

Namun partai politik lebih mengedepankan politik identitas yang dapat menciderai politik itu sendiri.

Politik identitas dijadikan alat untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tertentu yang dimaksudkan yakni kepentingan pribadi atau golongan.

Salah satu contoh politik identitas yakni menjadikan agama sebagai alat dalam permainan politik. Namun, hal ini tidak menyentuh hakekat dari agama itu sendiri.
Sebab agama merupakan sarana untuk membawa keselamatan bagi banyak orang.

Agar NKRI tetap utuh, rakyat Indonesia, baik kaum elit maupun rakyat biasa menjadikan politik sebagai bahan pergumulan sehari-sehari.

Lantas, apa yang dipergulatkan? Manusia Indonesia bertanya tentang realitas politik Indonesia. Mengapa terjadi politik yang tidak sehat yang membawa korban bagi masyarakat?

Salah satu solusi yang tepat yakni manusia Indonesia mendasarkan diri pada nilai-nilai Pancasila dalam permainan politik. Dengan itu, politik Indonesia dapat mencapai tujuannya yakni kesejahteraan rakyat.

Oleh: Zainal Basri
Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas USHULLUDDIN dan Politik UIN ALLAUDDIN Makasar

Editor: Nasarius Fidin
×
Berita Terbaru Update