-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PENYAIR ADALAH PENYIMAK DAN PENELAAH

Rabu, 12 Desember 2018 | 23:50 WIB Last Updated 2018-12-12T16:50:35Z
(Gambar dari google)

Oleh: Eko Windarto

Seorang penyair adalah penyimak dan penelaah yang jeli melihat keadaan sekelilingnya. Tugas penyair itu menyair, tidak perlu membela syairnya bila ada yang mengkritisi. Biarlah syair itu sendiri menemui pembacanya dan mencatat sejarahnya sendiri. Penyair itu berkarya menuangkan gagasan sepenuh hati. Semakin matang seorang penyair, makin kental dalam menuntaskan gejolak rasa yang menggumpal dan berkecamuk dalam benaknya. Termasuk tersentuh oleh indera dan jiwanya. Suasana puitis datang kapan saja, dimana saja. Tak perlu mencari di dalam kamar atau mencari kekhusyukan. Karena memang di sekelilingnya banyak hiruk-pikuk ide berseliweran. Tinggal bagaimana sang penyair menangkap ide itu melalui perenungan yang tentunya ditunjang oleh literasi yang bersangkutan. Sebab syair yang diciptakan seorang penyair akan memperlihatkan seberapa besar penyairnya bergulat dengan literasi akan menunjang kemantapan syair yang diciptakan.

Syair dalam puisi merupakan karya sastra yang menyampaikan pesan dalam bahasa lebih padat, penuh makna daripada pemakaian bahasa pada karya prosa dan drama. Dalam puisi terdapat unsur intrinsik dan ektrinsik. Intrinsik sebagai unsur membangun terbentuknya suatu puisi yang membangun dari dalam puisi itu sendiri. Tema juga merupakan permasalahan pokok bagi penyair untuk menguraikan gagasan atau ide dalam menulis puisi. Mari kita coba mengurai puisi Edy Witanto di bawah ini yang tentunya perlu kejelian dan data yang akurat untuk mencapai gagasan sang penyairnya.

Susi Srikandi Indonesia

Gaya fenomenal 
sikap cuek sebalkan siapa saja 
jadi menteri tak menduga 
lulusan SMP ijazah apa? 

Kritikan datang dari segala arah
Sangsikan sepak terjangnya
Mau dibawah kemana Indonesia ?
Jika menterinya wanita
Pendidikan ala kadarnya
Kemampuan buram dilihat kaca mata

Dunia lupa rakyat Indonesia
adalah manusia setengah dewa
Jangankan hidup di gurun sahara 
Mengambil mataharipun sambil ketawa 
jangankan hidup di kutub utara
Di tenggelamkan disamudra atlantikpun masih bergurau renyah

Suara dentuman kapal nelayan asing di ledakkan
Membelakkan mata dunia yang terpejam
Mengorek telinga yang lama tersumpal kesombongan
PBB menyanyi gayanya bagai cacing kepanasan
Seluruh pimpinan negara layangkan nota protes keberatan

Diatas awan susi srikandi Indonesia
Berkata lantang keseluruh dunia

Indonesia negara kaya raya
Kekayaan alam melimpah ruah
Emas permata ada di mana mana
Ikan dilaut tak terhitung banyaknya
Rakyatnya terkenal ramah tamah 

Tapi jangan coba coba cari masalah
Wanitanya saja bila marah membuat kalang kabut dunia
Bagaimana jika prianya yang marah maju dan angkat senjata?

Amerika boleh pongah sebagai negara adi daya 
Rusia boleh bangga dengan persenjataan canggihnya
China boleh tertawa dengan berjuta militernya

Kami bangsa indonesia 
Punya segala galanya 
Tinggal mengelolah

Jika berani macam macam
Bukan hanya militernya yang perang
Tapi laskar laskarnya juga menghunus pedang
Dan rakyatnya sebagai tumbal negara adalah idaman

Edy malang 14 / 05 / 17

Dari temanya saja kita sudah diberi kunci untuk memasuki rumah puisinya yang terlihat jelas sekali: SUSI SRIKANDI INDONESIA. Betul-betul kita diperintahkan siapa sosok yang ia tuju. Ya... seorang Menteri kelautan dengan gayanya tegas, apa adanya, cuek menyebalkan bagi orang terkena dampak pola pikirnya yang tajam terpercaya seperti yang tergambar dalam /gaya fenomenal/ sikap cuek sebalkan siapa saja/. Jelas ini melawan arus pejabat atau menteri sebelumnya. Ia sangat tegas dalam memegang prinsip dan amanah masyarakatnya. Ini jarang terjadi di Republik ini. Orang juga tak menduga, bila ia adalah seorang menteri berpendidikan paling rendah di antara menteri lainnya. Tapi ia yang paling berani dan tegas dalam menindak ketidak benaran. / jadi menteri tak menduga/ lulusan SMP ijazah apa?/ Banyak orang lupa bahwa Allah menurunkan ilmu dan keberanian tidak memilih orang itu berpangkat, bergelar banyak, kaya atau miskin. Semua di mata Allah itu sama.

Banyak orang menyangsikan menteri yang berpendidikan rendah, padahal setelah kita tahu sepak terjangnya, baru menyadari bahwa ia ternyata tak kalah dengan menteri yang berpendidikan tinggi. / Kritikan datang dari segala arah/ Sangsikan sepak terjangnya/ Mau dibawa kemana Indonesia?/ Jika menterinya wanita/ Pendidikan ala kadarnya/ Kemampuan buram dilihat kaca mata/ Betul-betul kita ini masih terpaku pada pendidikan tinggi yang belum tentu  berkualitas tinggi seperti menteri berpendidikan ala kadarnya. Ironi! Orang lupa, bahwa memandang orang lain rendah sama halnya merendahkan Allah juga. Sebab manusia berpendidikan rendah dan derajat yang direndahkan adalah ciptaanNya juga.

Hahahaha / Dunia lupa rakyat Indonesia/ adalah manusia setengah dewa/ Jangankan hidup di gurun sahara/ Mengambil mataharipun sambil tertawa/ juga hidup di kutub utara/ Di tenggelamkan disamudera atlantik pun/ masih bergurau renyah/ Nah, dari ungkapan di atas telah menunjukkan pada dunia yang notabene mengagungkan-ngagungkan pendidikan tinggi yang belum tentu bisa mencetak manusia berkualitas tinggi. Maklumlah, dunia sekarang lagi mengagungkan sains dan teknologi, serta menuhankan uang tanpa mereka sadari itu adalah kesalahan fatal.

Banyak kapal pencuri asing yang diledakkan dan ditenggelamkan. Ini suatu keberanian seorang ibu. Dunia marah. Seakan tak percaya dengan gaya seorang wanita berpendidikan rendah yang berani menumpas maling-maling kakap kelas dunia. / Suara dentuman kapal nelayan asing diledakkan/ Membelalakkan mata dunia yang terpejam/ Mengorek telinga yang lama tersumpal kesombongan/ PBB menyanyi gaya bagai cacing kepanasan/ Seluruh pimpinan negara layangkan nota protes keberatan/ Ternyata dunia telah dibukakan matanya oleh menteri berpendidikan rendah ini. Sampai-sampai PBB dan negara-negara lainnya kebakaran jenggot dengan konsep yang jelas dan bertanggung jawab.

Ini negara hukum bung. Bukan negara tak bertuan yang seenaknya bisa dijarah. Menteri Susi berkata lantang. Dunia harus tunduk terhadap hukum negara kita. Dan itu selayaknya harus dipatuhi dan dipahami semua negara termasuk PBB.
Indonesia itu negara besar dan kaya raya meski rakyat masih banyak tak bisa menikmati hasil kekayaan negara sendiri alias gigit jari melihat sebagian pejabatnya menjual sebagian kekayaan Indonesia dengan tenang penuh kesombongan. / Indonesia negara kaya raya/ Kekayaan alam melimpah ruah/ Emas permata ada di mana-mana/ Ikan dilautan tak terhitung banyaknya/ Rakyat terkenal ramah tamah/.

Pada bait tujuh, wanita dijadikan simbol yang kuat selain lelaki. Di sini jelas sang penyairnya menggambarkan keadaan yang sesungguhnya. Jelas ini penyair mempunyai data yang jelas, tidak hanya bermain imajinasi kosong seperti banyak penyair yang mencoba menulis sosial politik, tapi hanya sekedar imajinasi dan kejengkelan semata. /Tapi jangan coba-coba cari masalah/ Wanitanya saja bila marah membuat kalang kabut dunia/ Bagaimana jika prianya yang marah maju dan angkat senjata?/ Jelas dunia makin takut dibuatnya. Indonesia terkenal orang-orang cerdik pandai dan tahan makan apa saja.

Sekian kali penyair ini memberi gambaran tentang negara Indonesia dengan gamblang dan membakar jiwa patriotisme. / Amerika boleh pongah sebagai negara Adi daya/ Rusia boleh bangga dengan persenjataan canggihnya/ China boleh tertawa dengan berjuta militernya/. Rakyat Indonesia tidak takut dengan segala kekuatan dan kecanggihan persenjataan karena Indonesia mempunyai kekuatan spiritual dan kekuatan strategi kultural yang tidak dipunyai negara manapun.

Ya, kami mempunyai segala-galanya yang tinggal mengolah saja. Jangan main-main dengan kami. Sebagai rakyat kami selalu siap membela negara sampai titik penghabisan seperti yang digambarkan sang penyair di bait sembilan dan sepuluh.

Benar-benar puisi di atas adalah sebuah pembelajaran bagi kita, terutama pejabat atau menteri lainnya. Itulah sekelumit gambar yang bisa saya sajikan. Semoga bermanfaat. Amin.

CC, Edy Witanto, Roja Murtadho, Heru Antoni

Batu, 2222018

×
Berita Terbaru Update