-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

LIKA-LIKU PEMBANGUNAN GUA MARIA RATU PENCINTA DAMAI LELU

Selasa, 08 Januari 2019 | 23:20 WIB Last Updated 2019-12-04T11:36:05Z
LIKA-LIKU PEMBANGUNAN GUA MARIA RATU PENCINTA DAMAI LELU


Gua Maria Ratu Pencinta Damai Lelu, berlokasi di Lelu, RT.005/RW.003 Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Sejak tahun 1923 KBG St. Yohanes Pemandi Lelu sudah  dipermandikan sebagai KBG Serani (KBG yang hanya dilaksanakan untuk Misa saja) tidak dapat dilakukan upacara Adat/Penti  dan di tahun 2012 KBG St, Yohanes Pemandi Lelu pada Masa Ketua KBG: Ibu Elisabet Komba sudah merencanakan untuk memdirikan Gua Maria ini.

Namun pembangunan gua ini tidak dapat dilaksanakan dengan alasan kesulitan dana. Impian itu hanya sebagai angan-angan belaka, di tahun 2014. 

Rencana pembangunan gua ini juga diperbincangkan pada jabatan ketua KBG (a.n. Romanus Balu), namun hasilnya sama saja. Tahun 2015, tepatnya pada 15 Oktober, masa jabatan Bapak Aldinus Ledu pembangunan tersebut dibangun.

Berkat dukungan dari Bapak Jemarang, S.Ip., hal ini membangkitkan semangat yang luar biasa, meskipun sebelumnya kami, pengurus KBG sudah berusaha semaksimal mungkin menerobos dengan cara membuat Proposal permohonan bantuan dana ke beberapa Pihak, tetapi tidak ada realisasinya. 

Kemudian kami menemukan jalan dan semua ini merupakan berkat uluran tangan Tuhan atas doa dari Umat KBG St. Yohanes Pemandi Lelu, sehingga pada tanggal 9 September 2018, berkat rahmat Tuhan hadir  melalui Bapak Jemarang, S.Ip. yang mengulurkan bantuannya tanpa diketahui darimana datang di KBG St. Yohanes Pemandi Lelu, dengan senang dan hati terbuka  kami umat KBG Lelu menerimanya.

Pada Tanggal 21 September 2018 Kami mulai mengerjakannya, mulai dari Peletakan Batu pertama hingga selesai.

Partisipasi umat sangat baik dan selama pekerjaan Pembangunan Gua ini, semuanya berjalan dengan lancar dan damai sehingga Gua ini kami beri nama “Gua Maria Ratu Pencinta Damai “.

Gua ini di kerjakan kurang lebih 3 Minggu (Mulai 21 September hingga 10 Oktober 2018) dan pada tanggal 15 Oktober 2018, Gua ini diresmikan melalui Misa Pemberkatan sekaligus Pentatahan Patung Bunda Maria.

Umat KBG Lelu sangat bangga, antusias dan penuh rasa syukur seusai gua ini dibangun. Hal menarik perhatian warga bahwa gua ini menjadi tempat yang sangat sakral di mana bukan hanya umat KBG Lelu yang berkunjung untuk berdoa di situ tapi seluruh Umat se-paroki Lempang Paji kami sangat berterimakasih kepada semua Pihak yang sudah membantu kami dalam proses pembangunan gua ini terutama kepada Bapak Jemarang, S.Ip. 

Gua ini adalah satu–satunya gua  yang dibantu oleh penyumbang yang berasal dari keluarga yang berasal dari umat yang berbeda aliran.

Hal ini merupakan bentuk kerjasama antar umat beragama. Kerja sama ini sangat kami rasakan dan alami. harapannya, semoga ke depannya, gua ini dapat dijaga dan dipelihara dengan penuh cinta. Dan semoga segala atribut yang belum lengkap dapat dilengkapi. (THONY)
×
Berita Terbaru Update