-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

NATALAN BERSAMA YAYASAN BINTANG TIMUR; TERANG ITU SUDAH DATANG DAN BERCAHAYA DI HATI KITA

Rabu, 09 Januari 2019 | 13:11 WIB Last Updated 2019-12-04T11:31:55Z
NATALAN BERSAMA YAYASAN BINTANG TIMUR; TERANG ITU SUDAH DATANG DAN BERCAHAYA DI HATI KITA

Setiap 25 Desember, Umat Katolik merayakan kelahiran Emanuel (Allah Menyertai kita). Perayaan Natal ini merupakan tradisi Katolik untuk menghadirkan kembali kisah kelahiran Yesus Kristus, Juru Selamat yang dilakukan setiap tahun.

Dan Yayasan Bintang Timur  merayakan natalan bersama untuk bergembira bersama, memuliakan Allah, sebab TERANG ITU SUDAH DATANG DAN BERCAHAYA DI HATI KITA.

Perayaan natalan bersama dilakukan di gereja St. Gregorius Agung, Kutabumi, Tangerang, 11 Januari 2019. Dan Unit SMK Maria Mediatrix menjadi penanggungjawab dalam perayaan tersebut. 

Kalimat yang ditulis dalam bentuk huruf kapital di atas merupakan tema natalan bersama se-Yayasan Bintang Timur Kutabumi. Tema ini sangat menarik dan menggugah kesadaran. Pertanyaannya, mengapa memilih tema tersebut? Apa dan siapa yang dimaksudkan dengan Terang itu?

Tema ini dipilih karena hemat penulis sangat actual bagi kita. Tema ini berkaitan dengan subyektivitas Allah. Bahwa terang itu adalah Allah, Sang Mesias, Emanuel.

Terang itu adalah Yesus Kristus. Seperti yang terungkap dalam Injil Yohanes 1, Dia pada mulanya adalah Sabda, dan sabda itu bersama-sama dengan Allah dan Sabda itu adalah Allah.

Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Lebih lanjut dikatakan bahwa Sabda itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita dan kita telah melihat kemuliaan-Nya yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Demikian kutipan bab 1 injil ini. 

Dalam permenungan terkait tema di atas, Terang yang adalah Sang Emanuel itu mampu menerangi kita kapan dan di manapun kita berada. Terang itu menembus ruang dan waktu, sebab Dia datang untuk membawa kita ke jalan, kebenaran dan kehidupan seperti yang dikatakan Kitab Suci. 

Tema terang sudah datang dan bercahaya bermaksud agar kita bergulat dengan diri sendiri untuk semakin menyadari hakekat diri sebagai manusia ciptaan Allah.

Selain itu, kita semakin menyadari kemahakuasaan Allah yang datang dalam wujud 100% manusia dan 100% Allah dan bisa dipahami dalam Bahasa dan cara pandang manusia itu sendiri. 

Tema TERANG ITU SUDAH DATANG DAN BERCAHAYA DI HATI KITA sangat kontekstual dengan visi dan misi yayasan Bintang Timur atau nilai-nilai yang di hidupi oleh masing-masing unit. Namun, penulis lebih memerlihatkan tujuan yang lebih mengena dalam kehidupan setiap hari. Tujuan tema ini yakni:
1) Kita menghadirkan kembali peristiwa kelahiran Tuhan Yesus dalam perjalanan hidup kita setiap hari agar kita selalu dilahirkan kembali menjadi manusia baru. 
Maksudnya, dengan permenungan tentang misteri inkarnasi ini, kita semakin bertobat dan membarui diri lewat pengalaman kecil-kecilan atau persoalan dan tantangan hidup setiap hari. 
Dengan demikian, kita mampu melihat Terang  (Tuhan Yesus) dalam setiap pristiwa hidup kita setiap hari. 
2) Menyadari dan meyakini kehadiran Terang itu dalam pergulatan dan peziarahan hidup kita.
3) Agar kita selalu mengikuti panah terang itu sehingga kita mampu mencapai tujuan hidup kita yang sebenarnya yakni hidup karena terang, Hidup dalam Terang, Hidup demi Terang sehingga hidup kita menjadi terang bagi sesama, karena terang itu ada pada kita.
Semoga dengan tema ini, Terang itu sungguh datang dan bercahaya dalam hati kita dan kita sendiri menanggapiNya dengan iman, harap dan cinta kepadaNya. Amin.

Oleh: Nasarius Fidin
×
Berita Terbaru Update