-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PMKRI Cabang Kupang Gelar Latihan Kepemimpinan Kader

Jumat, 15 Februari 2019 | 20:36 WIB Last Updated 2019-02-15T13:36:45Z

Dalam mempersiapkan barisan kader muda yang berdaya saing di era milenial, PMKRI Cabang Kupang, menggelar Latihan Kepemimpinan Kader (LKK), Periode 2018/2019. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 10/02-Sabtu, 16/02 DI KWARDA PRAMUKA PROVINSI NTT.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang, Engelbertus Boli Tobin, dalam sambutan saat seremonil pembukaan, menyampaikan, PMKRI sebagai salah satu bagian dari gerakan mahasiswa yang sejak awal berdirinya telah mendedikasikan diri bagi terwujudnya keadilan sosial dan kemanusiaan. Di tengah gempuran arus pragmatisme, PMKRI tentu menyadari posisinya yang kian dilematis dalam konteks kekinian.

Situasi yang dihadapi PMKRI, seperti rendahnya minat mahasiswa dalam membangun soliditas keorganisasian serta melambungnya biaya pendidikan dan berdirinya pusat-pusat hiburan sebagai konsekuensi derasnya arus kapitalisme melahirkan tantangan tersendiri bagi perhimpunan.

PMKRI sebagai Organisasi Pembinaan harus ekstra waspada sebagai bagian dari gerakan perubahan sosial. Kewaspadaan ini terutama dalam menghadapi situasi sosial yang sulit. Di sisi lain tantangan dari sisi internal juga memerlukan perhatian khusus, mengingat pembinaan kader dimulai dari proses internal sebagai kawah candaradimuka untuk melahirkan pemimpin yang visioner. Tegas Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang tersebut.

Engelbertus melanjutkan, perkembangan globalisasi yang ada di depan mata, menuntut kita untuk terus mengasah karakter kepemiminan guna membentengi diri dalam menyaring arus globalisasi yang mencoba menyurutkan semangat kader-kader muda bangsa ini.

Problem sosial yang menjamur di tubuh bangsa ini, seperti radikalisme, terorisme, korupsi dan masalah sosial lainnya membutuhkan kader-kader muda yang tangguh untuk terjun turut mengkritisi dan memberikan solusi terhadap masalah-masalah di atas.

Sebagai kader PMKRI tentunya, dengan semangat tiga benang merah yaitu, intelektualitas, kristianitas dan fraternitas untuk terus mengasah kosistensi perjuangan dalam melawan bentuk ketidakadilan yang meronrong bangsa ini. Tegas Ketua PMKRI Cabang Kupang.

Ketua Panitia, Alfonsius Making, kegiatan ini merupkan rutinitas pembinaan PMKRI Cabang Kupang guna untuk membekali peserta dengan materi-materi kepemimpinan sesuai dengan kondisi dan perkembangan global. Tema yang kami angkat dalam kegiatan ini yaitu” Membentuk Karakter Kepemimpinan Kader Yang Berdaya Saing Di Era Milenial”.

Peserta yang hadir pada kegitan ini yaitu, PMKRI Cabang Kupang 60 orang, PMKRI Cabang Kefa 26 orang, PMKRI Cabang Atambua 10 orang, PMKRI Cabang Malaka 11 orang, PMKRI Cabang Maumere 1 orang.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni membentuk karakter kader dengan proses kaderisasi yang berjenjang, menyiapkan generasi muda bagi Gereja dan tanah air dengan dilandasi semangat intelektualitas, kristianitas dan fraternitas, menciptakan kader muda yang dialektis, progresif dan rela berjuang untuk sesama, memperluas pengetahuan dan mengasah mentalitas peserta untuk menjadi pemimpin yang visioner dan missioner dengan kemampuan oleh spiritual kekatolikan yang baik, meningkatkan kapasitas kepemimpinan upaya transformasi organisasi dan gerakan pemberdayaan masyarakat, mendorong tumbuhnya kepemimpinan yang berpihak kepada kelompok kecil, lemah, miskin dan terpinggirkan. (Roberto/SN)

×
Berita Terbaru Update