-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KEHADIRAN GEREJA BERPENGARUH POSITIF BAGI DUNIA

Sabtu, 02 Maret 2019 | 16:36 WIB Last Updated 2019-03-02T09:39:02Z
/Ilustrasi dari parokinandan.com/
Dalam dunia yang tidak menentu ini, kita pasti tidak luput dari berbagai permasalahan yang ada. Bahkan dalam hidup pun kita pastinya memiliki berbagai permasalahan yang selalu kita hadapi. Permasalahan yang sering terjadi seperti peperangan, perang politik, budaya kekerasan, penjualan manusia, bencana alam, kelaparan, kemiskinan struktural, kerusakan lingkungan alam, pembunuhan dan sebagainya. Persoalan-persoalan tersebut membuat kita mengalami kegelisahan. 

Keterlibatan Gereja dalam permasalahan-permasalahan yang ada, tentunya membawa dampak positif bagi dunia. Sebab tata dunia yang dikembangkan dalam Gereja itu berdasarkan pada kebenaran, dibangun dalam keadilan, dan dihidupkan dengan cinta kasih. Selain itu, Gereja juga mengajarkan kita sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan untuk menjaga, merawat, melestarikan, bahkan mencintai alam yang Tuhan berikan kepada kita. 

Dalam buku yang berjudul "Diutus Sebagai Murid Kristus", hubungan antara gereja dan dunia ini tampak terlihat dalam dunia nyata yakni kisah Ibu Theresa dari Kalkuta yang merupakan seorang pejuang manusia. Tindakan dan perbuatan Ibu Theresa ini merupakan tindakan yang sangat mulia. Selama 10 tahun ia melayani orang-orang yang tersingkir, menderita, merawat orang yang sakit, membantu orang-orang melarat di tempat-tempat yang kumuh diantaranya 100 ribu orang tunawisma, bahkan ia sampai mendirikan sebuah rumah sakit dilahan milik Kuil Hindu di Kalighat. Selain itu, ia juga membangun rumah untuk anak-anak yang dibuang oleh keluarga dan yang menderita penyakit lepra. Karena karyanya dalam menolong sesama, Bunda Theresa dinyatakan sebagai santa atau orang suci dalam Gereja Katolik. 

Perjuangan dan pengorbanan yang begitu besar oleh Bunda Theresa ini tentunya memotivasikan kita semua untuk berbuat kebaikan terhadap sesama. Namun, masih banyak diantara kita yang merasa sungkan atau berat hati untuk menolong sesama. Padahal dengan melakukan kebaikan dengan sesama, melayani sesama, hal itu menunjukkan bahwa kita sudah melakukan tindakan nyata dalam hubungan antara Gereja dan dunia. Kita juga sudah melakukan tugas penting dalam Gereja yakni saling melayani terhadap sesama.

Karena banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh dunia, seorang Paus mengeluarkan ajaran sosial gereja (ASG). ASG berisi ajaran mengenai hak dan kewajiban berbagai anggota masyarakat dalam hubungannya dengan kebaikan bersama serta ajaran sosial gereja ini bertujuan demi kebaikan kita semua. Butir-butir pokok yang dikemukakan oleh ASG ini memuat permasalahan kehidupan yang ada di dunia. Dengan adanya pokok ajaran sosial Gereja, tentunya kita dapat merefleksikan dan membangun hubungan bersama dan dapat menciptakan kehidupan dunia yang damai, tentram, dan sejahtera. 

Selain itu, ASG juga merupakan bentuk keprihatinan Gereja terhadap  dunia dan umat manusia dalam wujud dokumen. Sebab tujuan ajaran gereja yakni mewujudkan rencana ALLAH bagi manusia terkait dengan realitas duniawi, menerangi manusia dan membimbingnya dalam membangun dunia sesuai dengan rencana Tuhan tersebut. ASG ini juga dimaksudkan sebagai pedoman, dorongan, dan bekal bagi orang Katolik dalam perjuangan menciptakan dunia kerja dan beragam relasi manusia serta menciptakan masyarakat yang sejahtera, bersahabat, dan bermanfaat. 

Jadi, dalam materi mengenai hubungan antara Gereja dan dunia ini mengajarkan kita untuk selalu saling peduli terhadap sesama, menolong orang yang kesulitan, membangun persaudaraan dengan siapapun karna kita adalah satu keluarga, melakukan dialog dengan siapapun, memerhatikan yang lemah, miskin, menderita, tertindas, dan tersingkirkan. Karena dengan kita melakukan perbuatan atau tindakan tersebut kita dapat mewujudkan dunia yang direncanakan oleh keinginan Tuhan, selain itu kita juga dapat membangun nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh Yulita
Penulis adalah Siswi SMA Tarsisius Vireta, Tangerang, Kelas XI A II



×
Berita Terbaru Update