-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MAKNA DI BALIK LAGU SELAMAT NATAL MAMA CIPTAAN VIKTOR HUTABARAT

Jumat, 20 Desember 2019 | 15:57 WIB Last Updated 2020-02-07T05:52:26Z
 MAKNA DI BALIK LAGU SELAMAT NATAL MAMA CIPTAAN VIKTOR HUTABARAT
Ilustrasi diambil dari youtube

Natal, bagi umat Kristiani, memiliki nilai yang tak tertandingi karena Tuhan datang dalam rupa manusia. Perayaan natal tidak hanya menjadi ungkapan nilai-nilai spiritual, tetapi juga momen perjumpaan dengan orang tua, saudara/i dan keluarga serta sahabat, termasuk sang kekasih. 

Natal bersama keluarga memiliki sukacita tersendiri yang terkadang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ada kelegaan, ketenangan, kepuasan, kebahagiaan, atau apapun namanya di dalam relung sukma. 

Bagi orang di perantauan, momen kebersamaan dengan keluarga dan sahabat kenalan menjadi kerinduan yang hanya tinggal dalam kerinduan. Kerinduan demi kerinduan namun tak sampai pada kenyataan.

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan kerinduan tersebut. Hal senada dialami oleh salah seorang pencipta lagu yang berjudul Selamat Natal Mama. 

Viktor Hutabarat merupakan pencipta lagu tersebut yang sangat cerdas mengungkapkan kerinduan hatinya untuk natal bersama orang tua dan keluarga di kampung halaman. 

Viktor dalam lagunya mengenang kembali momen natal terindah dan hal itu selalu dikenang dalam hidupnya. Kerinduan itu tak terbendung karena bertahun-tahun tidak berjumpa. 

Mengapa dia tidak berjumpa dengan orang tua di kampung? Alasannya dapat dilihat dari pelbagai faktor. Namun penulis tidak merasa perlu untuk mencari jawaban atau alasannya. Karena hal itu berada pada ranah privasi seseorang. 

Penulis lebih fokus pada luapan kerinduan pengarang dalam lagu tersebut. Kerinduan yang tak sampai itu mengandung makna luar biasa. Ada kerinduan yang lebih besar di balik kerinduan terkait perjumpaan dengan keluarganya. 

Doa yang berisi permohonan, "Hati ini sangat rindu, Tuhan sertailah mereka" merupakan kerinduan sekaligus intensi terbesar di balik kerinduannya. 

Sang Pengarang memiliki cintakasih dan kesetiaan terhadap orang tua dan keluarga, sehingga di bait berikut lagu tersebut, ada kerinduan untuk berjumpa di waktu berikutnya. 

Hal istimewa yang terungkap yakni Viktor bertanya kepada Tuhan mengenai waktu kerinduan bersama orang-orang yang dicintainya. 

"Di hari hidup kita ini, adakah kita kan bertemu, adakah Tuhan….Ungkapan hati yang berupa pertanyaan tersebut muncul dari kegelisahan pengarang terkait usia hidup, entah siapa....! Hal ini terungkap pada lirik berikut ini, "Selangkah saja mau menghampiri, pada hidup kita ini".

Pada bagian berikut lagu tersebut, pengarang mengenang semua kebaikan, kepeduliaan, kesetiaan, cinta dan kasih sayang orang tua terhadapnya pada masa kecil yang sangat indah. "Bila kuingat kembali, Kasih sayangmu yang telah membesarkan daku, ingin rasanya ku kembali, pada manisnya masa kecilku dulu". 

Ungkapan kerinduan pengarang di bagian akhir lagu yakni ungkapan selamat natal mama, papa. Tidak hanya itu, si pengarang juga menyampaikan selamat tahun baru untuk mereka. 

Hemat penulis, lagu yang diciptakan oleh pengarang, Viktor Hutabarat, sangat indah. Selain merdu, indah, lagu tersebut memberikan pesan spiritual, perjumpaan, kebersamaan, kasih sayang, dan kasih-setia kepada para pendengar. 

Semoga natal tahun ini, kerinduan akan perjumpaan dengan orang tua, keluarga dan kekasih menjadi pengalaman spiritual yang akan selalu di kenang. 

Oleh: Nasarius Fidin

Penulis sengaja tidak mencantumkan lirik lagu SELAMAT NATAL MAMA
(Gambar dari youtube)
×
Berita Terbaru Update