-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cabup, Siapa Yang Memilih Anda?

Senin, 06 Januari 2020 | 12:56 WIB Last Updated 2020-01-06T11:54:27Z
Cabup, Siapa Yang Memilih Anda?
Ilustrasi: Youtube

Pada kesempatan ini, penulis mencoba senter pemilih bupati di Manggarai Raya. Senter itu hanya sebagai Bahasa perbandingan untuk membahas tentang dua kelompok pemilih yakni pemilih yang ada di kampong (desa) dan di kota (kota kabupaten, kota kecamatan, kantor desa).

1. Di sesa, pada malam hari, sekitar pkl. 20  semua orang sudah lelap. Segala aktivitas sudah selesai. Semua orang beristirahat. Penerangan listrik dari jenset pun sudah mati. Tidak ada yang main HP (facebook atau wa). Maaf, juga tidak tahu kalender. 

Walaupun ada kalender para calon Bupati (cabup), mereka lebih melihat fotonya daripada tanggal kalender. Untuk hari pemilu, mereka baru tahu sebulan, seminggu atau tepatnya sehari sebelumnya atau lebih tepat lagi saat fajar belum terbit pada hari coblos. Sebagai pemilih, jumlah ini banyak, sekitar 80%.

2. Di kota, pkl. 20.00 orang-orang masih berngobrol, berdiskusi, entah copy darat maupun di wa, fb, maupun baca berita. Mereka sibuk melakukan aktivitas-aktivitas, baru mereka bisa tidur tengah malam. 

Dalam diskusi, ada yang cool, intelek, tetapi ada juga baku maki. Bikin angket, survey, sampai dikira-kirakan siapa pemenang bupati berikut. Situasi regional, nasional, bahkan dunia dapat diketahui. Untuk kalender, mereka tahu fotonya apalagi tanggalnya. Kan pintar baca bro! Sebagai pemilih, jumlah ini sekitar 20%. 

Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, penentu kemenangan cabup adalah suara pemilih dari desa yang 80% itu. 

Jadi, berdasarkan kenyataan itu, maka hal yang perlu diperhatikan yakni 1. Kampanye yang efektif itu hanya sebulan, seminggu atau sehari sebelum coblos. 2. Karna no 1 itu, maka berkoar-koar jauh hari sebelumnya kadang-kadang tak ada gunanya. 

Tapi tak mutlak juga, karna waktu yang lama itu sebagai panggung untuk 'didengar', dan sebagai manusia yang punya sentuhan perasaan, hal tersebut menyenangkan dalam ziarah kehidupan.

Well, mari lanjutkan ngopinya

Oleh: John Kadis
Mantan balonbup Manggarai Barat (MABAR) tahun 2014 paket JOKER

          
×
Berita Terbaru Update