-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MANUSIA TANPA TUHAN MAKA SEMUANYA SIA-SIA

Kamis, 16 Januari 2020 | 10:01 WIB Last Updated 2020-01-16T03:01:33Z
MANUSIA TANPA TUHAN MAKA SEMUANYA SIA-SIA
Ilustrasi; kumparan
Laut terkadang mengalami pasang surut, namun tidak selamanya demikian. Ada waktunya laut mengalami pasang naik. 

Demikian pun hidup dan kehidupan manusia. Ada waktunya mengalami kemunduruan dan kejatuhan karena berbagai persoalan, tantangan atau ujian kehidupan yang tidak bisa disikapi dengan bijaksana. 

Tatkala surutnya kehidupan, manusia ditantang ataupun diuji. Dia dihadapkan dengan dua pilihan yakni menyikapi persoalan dari sisi positif atau sisi negatif yang membuat dirinya terjebak dalam persoalan tersebut hingga tersandung dan jatuh. 

Pada dasarnya, setiap pribadi tidak menginginkan dan membiarkan diri untuk jatuh ke jurang yang dalam. Setiap orang pasti menghendaki situasi dan kondisi hidup yang baik dan benar. 

Namun realitas persoalan bisa mengaburkan cara berpikir dan situasi batin seseorang. Bagi orang yang memiliki kedalaman spiritualitas dan kebijaksanaan hidup, dia mengambil sikap tenang dalam menyikapi persoalan tersebut. Dia melibatkan Tuhan untuk mengatasinya dengan bijaksana. 

Namun apabila orang merespon masalah hidupnya dengan gegabah, kelabilan, atau ketidakdewasaan, maka sudah pasti dia dikuasai dan dikendalikan masalah tersebut. 

Hal yang perlu disadari yakni segala persoalan dan tantangan merupakan bagian dari kehidupan. Kita tidak dapat lari dari ujian-ujian tersebut. Semakin melarikan diri, kita semakin dikejar dan diperbudak masalah. 
Segala macam tantangan bukan untuk dikeluhkan tetapi untuk dihadapi dan diatasi dengan hati, pikiran dan keseluruhan diri, agar kita semakin dewasa. 

Dinamika kehidupan ini tiada guna untuk diremehkan dan disia-siakan. Permenungan hidup merupakan dasar supaya kita semakin menemukan makna kehidupan dan kebijaksanaan. 

Manusia adalah aktor dan tuan atas segala sesuatu termasuk segala bentuk persoalan. Kita menentukan baik atau buruknya kehidupan sendiri. 

Agar persoalan bisa diselesaikan dengan baik, manusia perlu mengandalkan Tuhan, sebab manusia tanpa Tuhan, maka dia tak bisa apa-apa. Semuanya sia-sia. Manusia semakin menemukan diri di setiap tantangan dan ujian kehidupan jika ada Tuhan di pihaknya. 

Oleh: Nasarius Fidin
×
Berita Terbaru Update