-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pater Tuan Kopong; Terimakasih Untuk Kalian: Semakin Ditolak, Semakin Mengakuinya

Sabtu, 25 Januari 2020 | 12:26 WIB Last Updated 2020-01-25T05:34:41Z
Pater Tuan Kopong; Terimakasih Untuk Kalian: Semakin Ditolak, Semakin Mengakuinya


Mau mendirikan gereja ditolak. Mau berdoa, merayakan natal ditolak. Pokoknya banyak alasan. Padahal ketika beribadah atau misa, kami cuma pakai speaker kecil yang volumenya nggak kaya toa kantor desa.

Kotbah juga biasa-biasa saja. Tidak pernah mengutak atik apalagi menyinyir kehidupan agama lain. Kotbah hanya untuk jemaat kami. Ya kadang ada kritik untuk mereka agar mereka menjadi baik dan benar sebagai orang Katolik.

Yang kutahu intinya mengajak untuk berbuat baik dan benar, mencintai dan mengampuni. Jauhkan kebencian dan wartakanlah kebaikan cinta dalam tindakan. Itu yang selalu diajarkan.

Juga tidak pernah kesana kemari berkotbah atau membujuk orang lain untuk menjadi Katolik. Tidak pernah. Berbuat baik bagi semua tanpa pamri itu juga yang diajarkan dan menjadi semangat dalam pelayanan. Bahwa kemudian ada yang pindah, e tanyakan saja pada mereka kenapa mereka pindah dan menjadi Katolik, jangan salahkan Katoliknya.

Saya malah senang dengan berbagai aksi penolakanmu pada setiap kegiatan atau pembangunan gereja Katolik yang disertai dengan berbagai alasan menurut ajaran sucimu. Karena semakin menolak keberadaan dan kegiatan kasih umat Katolik, sejatinya engkau SEDANG MERENDAHKAN martabat ajaran agamamu sendiri bahkan dengan jelas mempertontonkan betapa kalian dengan “keji” MELUKAI DAN MENYAKITI AJARAN AGAMAMU sendiri.

Saya yakin di saat kalian menolak sana sini pembangunan gereja, aksi kemanusiaan dan pemakaman orang Katolik, Anda sebenarnya sadar bahwa aksi kalian itu justru semakin “melambungkan” rasa bangga pada Katolik, semakin mencintai Katolik dan menjadi daya tarik bagi orang lain kepada Katolik namun karena rasa takut dan bencimu sudah sedemikian MERAPUHKAN IMANMU membuatmu tak lagi menghormati ajaran agamamu: mencintai, menerima dan berbuat baik yang berbeda.

Maka saya pantas mengucapkan terimakasih untuk kalian yang selalu menolak keberadaan dan kegiatan kemanusiaan serta ibadah umat Katolik karena dengan caramu itu menjadi jalan bagi saya dan umat Katolik untuk semakin luas menghidupkan dan menyebarkan cinta kasih termasuk kepada yang memusuhi. Sekaligus dengan cara itu kalian ikut mewartakan kebaikan dan kebenaran Katolik yang membuat orang semakin bangga dan mengakui cinta kasih ala Katolik. Terimakasih yah....

Manila: 22-Januari-2020
Pater Tuan Kopong MSF
Sumber: FB Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update