-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Penyebab Tenggelamnya Kapal Pengangkut Wisatawan di Labuan Bajo

Selasa, 21 Januari 2020 | 14:38 WIB Last Updated 2020-01-21T07:47:26Z
Penyebab Tenggelamnya Kapal Pengangkut Wisatawan di Labuan Bajo
Foto; Tribunnews

Kapal Motor Aditya yang mengangkut sejumlah wisatawan, tenggelam di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (4/1/2019) pagi. 

"Betul KM Aditya tenggelam di antara Pulau Kukusan dan Pulau Kelor," ujar Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono, Sabtu siang.

Edi menyebut, kapal itu mengangkut sembilan orang. Beberapa di antaranya merupakan wisatawan. 

Menurut Edi, setelah pihaknya menerima informasi itu, tim gabungan berangkat menuju ke lokasi untuk mengevakuasi korban. 

Saat tim gabungan tiba di lokasi, kata Edi, kapal sudah tenggelam. Sementara itu, penumpang dievakuasi oleh kapal nelayan. 

"Para penumpang semuanya selamat dan sudah dievakusi ke Labuan Bajo," kata Edi. 

Saat ini, para penumpang dan kru kapal telah dibawa ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk penanganan medis lebih lanjut.

Penyebab Kapal Motor Tenggelam

Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengungkap penyebab tenggelamnya Kapal Motor (KM) Aditya, yang mengangkut sejumlah wisatawan di Perairan Labuan Bajo. 

Kabid Humas Polda NTT Kombes Johannes Bangun mengatakan, penyebab tenggelamnya kapal itu akibat cuaca buruk. 

"Saat kapal tiba di perairan Bidadari tiba-tiba muncul badai dan langsung menghantam kapal yang mengakibatkan kapal tenggelam," ujar Johannes, Sabtu (4/1/2020). 

Beruntung, lanjut Johannes, para penumpang dan kru kapal bisa selamat, setelah mendapat pertolomgan dari kapal lain yang saat itu melintas. 

"Kapten Kapal Aditya mengontak melalui radio ke Kapal Lapiret yang saat itu melintas untuk meminta bantuan mengevakuasi korban dan ABK. 

Kemudian speed boat Lapiret dengan cepat mendatangi kapal yang tenggelam untuk mengevakuasi mereka," ujar Johannes. 

Lima orang wiaatawan dan kru kapal, saat ini dibawa ke Rumah Sakit Umum Siloam, Labuan Bajo. 

Sebelumnya diberitakan, Kapal Motor Aditya, yang mengangkut sejumlah wisatawan, tenggelam di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (4/1/2019) pagi. 

"Betul KM Aditya tenggelam di antara Pulau Kukusan dan Pulau Kelor," ungkap Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono. 

Beberapa di antaranya adalah wisatawan. Menurut Edi, setelah pihaknya menerima informasi itu, tim gabungan berangkat menuju ke lokasi untuk mengevakuasi korban. 

Saat tim gabungan tiba di lokasi lanjut Edi, kapal sudah tenggelam. Sedangkan penumpang sudah dievakuasi oleh kapal nelayan. "Para penumpang semuanya selamat dan sudah dievakusi ke Labuan Bajo," kata Edi.

Sumber: Kompas.com
×
Berita Terbaru Update