-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Antisipasi Peningkatan DBD, Puskesmas Labuan Bajo Gencarkan Penyuluhan

Kamis, 20 Februari 2020 | 22:10 WIB Last Updated 2020-02-20T15:43:22Z
Antisipasi Peningkatan DBD, Puskesmas Labuan Bajo Gencarkan Penyuluhan
dr. Gusti K. Nunu bersama tim simulasi dari Puskesmas Labuan Bajo Melakukan penyulusan terkait DBD

LABUAN BAJO-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Labuan Bajo menggencarkan kegiatan penyuluhan kesehatan di berbagai wilayah kerja. baik di dalam kota Labuan Bajo maupun di luar kota. Gerakan preventif yang dilakukan itu dalam rangka menekan serendah mungkin potensi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerja Puskesmas Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Sehubungan dengan adanya trend peningkatan Kasus DBD pada beberapa Kelurahan/ desa di wilayah kerja Puskesmas Labuan Bajo, pihaknya telah membentuk Tim Upaya Kesehatan Masyarakat (Tim UKM). Tim ini kemudian melakukan penyuluhan di berbagai desa/kelurahan yang menjadi wilayah kerja pelayanan Puskesmas Labuan Bajo", terang Vinsen Paul, Kamis malam (20/2).

Vinsen menjelaskan, hari ini, Kamis, (20/2) Tim UKM menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pemberian informasi kesehatan tentang Penyakit DBD kepada kelompok asrama sekolah di desa Nggorang. kecamatan Komodo. 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Labuan Bajo, Vinsensius Paul,S.Kep. Hadir juga sebagai pemateri dalam kegiatan penyuluhan, dr. Magareth Juet, Emilia Nulda,SKM, dan Lidya Vinsensia, A.Md.Keb. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan itu sebanyak 100 siswa/siswi dari sejumlah sekolah yang ada di desa Nggorang.

Sebelumnya, kegiatan penyuluhan kesehatan serupa juga dilakukan di dua lokasi di kota Labuan Bajo, yakni di asrama St.Arnoldus dan asrama SSPS kelurahan Wae Kelambu, kecamatam Komodo, Labuan Bajo, Selasa (4/2). 

Tim penyuluhan kesehatan Puskesmas Labuan Bajo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai Barat dan pemerintah kecamatan Komodo memberikan penyuluhan kesehatan, kepada ratusan siswa-siswi SLTP dan SLTA yang menghuni dua asrama tersebut. 

Kegiatan penyuluhan yang dipimpin langsung oleh kepala Puskesmas Labuan Bajo, Vinsensius Paul,S.Kep. Hadir memberikan penyuluhan, dr. Gusti K. Nunu bersama tim simulasi dari Puskesmas Labuan Bajo yang berjumlah 18 orang. 

"Materi penyuluhan tentang Demam Berdarah Dengue dan kesehatan reproduksi remaja kepada anak-anak Asrama Arnoldus 200 siswa dan waktu yang bersamaan juga dilakukan penyuluhan yang sama kepada kelompok anak Asrama SSPS sejumlah 100 orang", ujar Vinsen Paul. *(Robert Perkasa)

Sumber: Floresnews.net
×
Berita Terbaru Update