-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Catatan Kecil Terkait Geothermal Sano Nggoang

Rabu, 19 Februari 2020 | 09:40 WIB Last Updated 2020-02-19T09:12:28Z
Catatan Kecil Terhadap Geothermal Sano Nggoang
Foto; youtube

Pada kesempatan ini, saya memberikan catatan kecil terkait geothermal Sano Nggoang yang akhir-akhir ini menimbulkan polemik. Saya mengkritisi dengan tujuan membangun agar Geothermal Sano Nggoang bisa membawa dampak positif bagi masyarakat. 

Kritik terhadap kebijakan pemerintah itu baik, tapi ia menjadi buruk ketika kritikus terkesan anti pemerintah, apalagi disertai reaksi di luar nalar sehat semisal tidak butuh pemerintah (Karang Deru).

Berkaitan Geothermal Sano Nggoang

1. Mana lebih dahulu, 1. Sosialisasi pemerintah atau 2. Reaksi masyarakat Sano Nggoang terkait penolakan. Sepengetahuan saya, pada mulanya pemerintah melakukan sosialisasi, lalu rakyat menyetuju hal tersebut. Namun dalam perkembangan, rakyat tidak setuju.

2. Lalu pemerintah melakukan sosialisasi susulan. Namun masyarakat tetap menolaknya. Namun tidak semua rakyat menolak, tidak sedikit juga rakyat menyetujuinya.  Ini soalnya bro! Pertanyaanya : pihak mana yang pro rakyat (bangsa), apakah rakyat yang menolak atau pemerintah? Pro rakyat (bangsa) artinya tidak pro diri sendiri. Artinya kelompok rakyat yang tolak itu harus punya argumen bahwa industri geothermal itu merusak bangsa.

3. Sebagai penonton, barangkali melihatnya secara obyektif dari dua sisi yakni Sisi pemerintah yang pro rakyat dan rakyat. 

Seyogianya ucapan spontanitas pemerintah sebagai respond dalam suasana abnormal di ruang sosialisasi yang cukup panas, bukanlah suatu harapan yang dinantikan   sebagai bahasan pokok untuk dikritik.

Jika itu yang dipetik, maka saya kawatir orang tidak melihat alasan yang mendasar. Kritik menjadi ke arah pribadi, yang diulas adalah kata spontan saat panas di ruang sosialisasi, seperti poti wolo, Tuhan, dewa dstnya. Jika begini, apakah anda merasa bahwa kritik itu menjadi barang murahan?

4. Sebagai berita, ya narasi berita ya begitu, dari materi pokok hingga hal sekecil-kecilnya, ya memang begitulah namanya berita. Kita perlu berterimakasih kepada media.

#Selamat, dari putra suku seputar Sano Nggoang#
Oleh: John Kadis
×
Berita Terbaru Update