-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jika Ingin Menjadi yang Pertama, Hendaklah Menjadi yang Terakhir

Senin, 24 Februari 2020 | 21:21 WIB Last Updated 2020-02-24T14:26:14Z
Jika Ingin Menjadi yang Pertama, Hendaklah Menjadi yang Terakhir
Rm. Kardiaman Simbolon, Ocarm (foto istimewah)

Manusia umumnya punya naluri ingin tampil, terkenal atau dikenal, ingin menjadi nomor satu, ingin dikenang, dipuji dan bahkan ingin diagungkan lebih dari yang lain. Kita selalu ingin mencari panggung. 

Karenanya tak heran jika banyak orang melakukan berbagai cara untuk meraih keinginan itu. Tak terkecuali jabatan di gereja, pelayanan dan tugas di gereja bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencapai keinginan tersebut. Ini bahkan lebih berbahaya, karena menjadikan hal rohani sebagai lahan memuaskan keinginan manusiawi.

Hari ini kita juga mendengar dalam injil, bagaimana para murid yang dianggap istimewa, justru "ribut" soal siapa yang terdahulu diantara mereka. Hingga kemudian Yesus berkata:
"Jika seorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan menjadi pelayan semuanya."

Memurnikan motivasi menjadi penting jika kita ingin bertumbuh dalam iman. Apa motivasi terdalam dari setiap bentuk kebaikan dan pelayanan yang kita lakukan? Apakah untuk mencari kepuasan diri kita sendiri? Atau sebagai pemberian diri yang tulus?

Jika kita tulus dalam melakukan sesuatu, kita tidak akan ribut soal siapa "yg utama atau terdahulu"; tidak sibuk soal penghargaan dan pujian. Sebab pelayanan yang tulus dengan sendirinya akan menghantar kita menjadi yang terdahulu.

Selamat merenung....

Oleh: Rm. Kardiaman Simbolon, Ocarm
×
Berita Terbaru Update