-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Masa Prapaskah; Saat untuk Bersembunyi

Kamis, 27 Februari 2020 | 21:48 WIB Last Updated 2020-02-27T14:48:44Z
Masa Prapaskah; Saat untuk Bersembunyi
Foto Istimewah

Ketika dunia seakan menuntut kita untuk pamer, show dan pragmatis saja; masa prapaskah justru mengajak kita untuk bersembunyi di kedalam hati. Kita diajak lari diri dari dunia dan bersembunyi dalam perbuatan kasih, kebaikan dan pantang puasa. Aneka olah rohani itu dilakukan dalam privasi yang sangat dalam, hanya aku dan Tuhan yang tahu.

Yesus berpesan:
"Apabila kamu berpuasa janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu, ‘Mereka sudah mendapat upahnya’. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu supaya jangan dilihat orang bahwa engkau sedang berpuasa".

Maka masa tobat, pantang puasa yang kita mulai saat ini; sesungguhnya adalah kesempatan untuk tidak meganggap diri diri paling hebat. Meninggalkan egoisme merupakan wujud pantang yang mendalam! Jangan bangga dengan aneka puasa dan pantang, yang setelah dilakukan justru membuat kita semakin egois. Masa tobat adalah saat untuk tidak menampilkan diri, berbuat kebaikan tanpa diketahui orang. Jika kita sering berdosa dalam ketersembunyian; sekarang dibalik, saatnya kita berbuat yang benar dalam ketersembunyian.

Saatnya kita mengurus hati,
Denggan perbanyak refleksi,
Saatnya kita peduli,
Bahkan melupakan keinginan diri
Agar kita bisa bersembunyi,
Dan berjumpa Tuhan di tempat sunyi!

Selamat Memasuki Rabu Abu
Permulaan untuk sembunyi!

Oleh: Rm. Kardiaman Simbolon, Ocarm
×
Berita Terbaru Update