-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Camat Sano Nggoang: Dalam Waktu Dekat Usulkan 4 Penjabat Kepala Desa Persiapan

Sabtu, 14 Maret 2020 | 10:25 WIB Last Updated 2020-03-14T03:25:23Z
Camat Sano Nggoang: Dalam Waktu Dekat Usulkan 4 Penjabat Kepala Desa Persiapan
Foto istimewah

Floresnews.net-SANO NGGOANG 4 desa di kecamatan Sano Nggoang dari total 31 desa di kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur segera dimekarkan pada tahun 2020. Kode Register 31 Desa Persiapan di kabupaten Manggarai Barat telah diterbitkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Victor Bungtilu Laiskodat sejak 18 Desember 2019 yang lalu menindaklanjuti permohonan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch.Dula pada 9 Oktober 2019.

Terkait hal tersebut, Bupati Gusti Dula meminta para Camat di kabupaten pariwisata super premium itu untuk segera mengusulkan Penjabat Kepala Desa Persiapan di 31 Desa Persiapan itu hingga batas akhir Jumat, 20 Maret 2020. 

Keempat Desa baru di kecamatan Sano Nggoang  yang telah mendapat Kode Register, pertama, desa Persiapan Nanga Lidu, kode register 15.04.0001. Desa Persiapan Nanga Lidu pemekaran dari desa Induk Mata Wae. Wilayah administrasinya meliputi kampung Racang dan kampung Angkor.

Kedua, Desa persiapan Benteng Tado, kode register 15.04.0002. Benteng Tado pemekaran dari desa Induk Nampar Macing. Wilayah administrasinya meliputi kampung Wae Munting, Dange dan Mengkaleng

Ketiga, desa persiapan Benteng Mamis, kode  register 15.04.0003. Benteng Mamis pemekaran dari desa Induk Golo Leleng. Wilayah administrasinya meliputi kampung Nampar dan Kumbek.

Keempat, Desa persiapan Nggoang, Kode Register 15.04.0004. Pemekaran dari desa Induk Sano Nggoang. Wilayah administrasinya meliputi kampung Cowang Anak dan Bokak Rangga.

Dengan pemekaran tersebut, maka wilayah administrasi kepemerintahan kecamatan Sano Nggoang meliputi 19 desa, yakni desa Golo Mbu, Golo Ndaring, Golo Kondeng, Wae Lolos, Watu Panggal, Sano Nggoang, Golo Manting, Golo Sengang, Mata Wae, Wae Sano, Pulau Nuncung, Golo Kempo, Poco Golo Kempo, Nampar Macing, Golo Leleng dan 4 desa bungsu, desa persiapan Nanga Lidu, Benteng Tado, Bemteng Mamis dan desa persiapan Nggoang.

"Keempat desa tersebut memang layak untuk dimekarkan karena beberapa faktor utama seperti wilayah desa cukup luas. Adanya pertambahan penduduk dari tahun ke tahun. Efektifitas pelayanan dan yang paling mendasar demi terwujudnya akselerasi dan pemerataan pembangunan. Sesungguhnya pemekaran tersebut dilatarbelakangi oleh tingkat partisipasi serta respon masyarakat terhadap setiap perubahan yang ada", kata Camat Sano Nggoang, Siprianus Silfris, S.Sos kepada Floresnews.net di Werang, Jumat (14/3).

Ia mengatakan, yang perlu segera dilakukan untuk  percepatan menuju desa definitif adalah pengusulan 4 penjabat kades persiapan, inventarisasi aset termasuk lahan tanah untuk pembangunan kantor desa yang memadai. 

"Dalam waktu dekat, kami usulkan nama penjabat kades persiapan kepada Bapak Bupati Mabar agar segera dilantik", ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Victor Bungtilu Laiskodat dalam surat Nomor : BU.410/59/DPMD/2019 tanggal 18 Desember 2019 yang ditujukan kepada Bupati Manggarai Barat menyebutkan perihal Kode Register 31 Desa Persiapan di kabupaten Manggarai Barat. 

Surat Gubernur NTT itu mengabulkan surat permohonan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula Nomor: Pem.130/219/X/2019  tanggal  9 Oktober 2019 Perihal Permohonan Kode Register 31 Desa Persiapan di kabupaten Manggarai Barat. *

Penulis: Robert Perkasa
Editor: Nasarius Fidin

Tulisan ini sudah dimuat di Floresnews.net

Kontak: redaksisocietasnews@gmail.com
×
Berita Terbaru Update