-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kekuatan Cinta Dalam Doa Dan Iman Untuk Gereja St. Joseph Karimun

Kamis, 12 Maret 2020 | 19:46 WIB Last Updated 2020-03-12T12:51:21Z
Kekuatan Cinta Dalam Doa Dan Iman Untuk Gereja St. Joseph Karimun
Pater Tuan Kopong, MSF

Adalah berita menggembirakan bagi Indonsia dan umat Katolik pada khususnya karena renovasi gereja Katolik St. Joseph dilanjutkan dan juga kelompok yang awalnya melakukan aksi menentang renovasi akan mencabut gugatan di PTUN Tanjung Pinang. 

Berita gembira ini bagi saya adalah buah dari kekuatan cinta, doa dan iman kita yang dalam situasi penindasan, penganiayaan dan penderitaan tidak mampu mengalahkan dan memisahkan iman, cinta dan doa kita kepada Yesus (bdk. Rm 8:35). Cinta Allah yang telah dicurahkan kepada kita menjadi kekuatan untuk mencintai dan mendoakan mereka yang menganiaya dan menindas kita bahkan semakin mempersatukan kita dengan Kristus dalam iman.

Seperti Saulus yang menganiaya pengikut Kristus namun Allah justru menunjukan cinta-Nya kepada Saulus melalui perjumpaannya dengan Yesus yang dari perjumpaan itu mengubahnya menjadi pewarta cinta kasih Allah dan Kristus. Dan itu juga yang terjadi dengan kesepakatan melanjutkan renovasi pembangunan gereja St. Joseph Karimun dan pencabutan gugatan di PTUN Tanjung Pinang.

Kekuatan doa dan cinta dalam kesatuan iman dengan Kristus telah menjumpai mereka yang selama ini mungkin karena “provokasi” menolak renovasi gereja St. Joseph Karimun dan mengubah mereka menjadi pelaksana cinta yang ditunjukan dengan kemauan dan kesediaan mendukung renovasi gereja dan pencabutan gugatan.

Dari pengalaman ini mengajak kita semua untuk menjadikan doa, cinta dalam iman untuk menghadapi setiap peristiwa termasuk setiap penindasan, penganiayaan dan penderitaan karena dalam doa dan cinta penuh iman kekuatan Allah yang telah mencintai kita melalui Yesus Kristus Putera-Nya menjadi Pembela dan Penolong kita bahkan kekuatan Allah sendirilah yang menjumpai dan mengubah siapapun.

Saya secara pribadi salut, respek dan bangga dengan keterbukaan, kerendahan hati dan kesediaan mereka yang pada awalnya menolak namun kemudian mendukung renovasi gereja St. Joseph Karimun bahkan akan mencabut gugatan di PTUN. Apapun alasan dan latarbelakangnya saya tidak menggubrisnya karena bagi saya hanya satu alasan yaitu kekuatan doa, cinta dan iman yang menjumpai dan menggerakkan mereka sehingga membuahkan perubahan yang baik dan benar.

Maka seperti pewartaan Rasul Paulus bahwa yang paling besar diantara iman dan harapan adalah Kasih (bdk. 1Kor 13:-3), mari kita wartakan Kasih sebagai kekuatan iman dan pengharapan kita yang mampu mengubah setiap sesama kita.

Dalam setiap bilur luka, tusukan paku dan tikaman tombak serta mahkota duri pada tubuh Yesus dan Salib tempat Yesus bergantung ada kebesaran Kasih Allah yang diberikan untuk kita. Amen.

Manila: 11-Maret-2020
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update