-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Paus Fransiskus Tidak Terjangkit Corona Virus: Stop Sebar Hoax

Minggu, 01 Maret 2020 | 19:29 WIB Last Updated 2020-03-01T12:42:09Z
Paus Fransiskus Tidak Terjangkit Corona Virus: Stop Sebar Hoax
Pater Tuan Kopong, MSF

Bahwa Paus Fransiskus sakit flu beberapa hari ini, itu adalah benar adanya. Namun sejak semalam berseliweran beberapa berita yang memberitakan Paus Fransiskus bersama dua pembantunya terjangkit corona virus 2019.

Bahkan ada beberapa umat Katolikpun ikut membagikannya. Pertanyaannya apakah benar Paus Fransiskus terjangkita corona virus 2019? Bagi umat Katolik tentunya tahu dan paham bahwa berita menyangkut ajaran iman dan moral termasuk kejadian di Vatikan dan yang mungkin “menimpa” Paus, selalu melalui satu pintu pemberitaan yaitu melalui juru bicara Vatikan dan diberitakan oleh media-media resmi Vatikan dan kemudian melalui konferensi wali Gereja yang ada di setiap negara.

Kadang karena berita tersebut diberitakan oleh media-media yang terkenal di Indonesia maka kita langsung percaya akan kebenaran pemberitaan tersebut tanpa mencek terlebih dahulu pemberitaan tersebut di media-media resmi Vatikan dan Italia dan siapa yang menjadi narasumber pemberitaan tersebut.

Harus diingat bahwa Vatikan tidak pernah sembarangan memberitakan pemberitaan. Vatikan memiliki proses pemberitaan yang ketat dan dengan penyaringan yang akurat. Terkait sakit Paus, sebelum tim dokter Vatikan memberikan hasil pemeriksaan maka juru bicara kepausan pun tidak akan menyampaikan berita terkait sakit Paus Fransiskus.

Untuk menghentikan pembagian berita bohong yang memberitakan Paus Fransiskus terjangkit corona virus 2019, maka saya menuliskan informasi dari Dubes RI untuk Vatikan: bapak Antonius Agus Sriyono yang dimuat dalam laman sesawi.net sebagai berikut:

“Dari pembicaraan kami sampai Sabtu malam (29/2) baik melalui berita resmi dari Vatikan, Italia, dan kontak pribadi dengan pejabat Vatikan, tidak satupun menyatakan Paus Fransiskus terinfeksi virus corona. Mereka menyatakan “The Pope has a mild disposition”.

Semoga dengan informasi dari bapak Dubes RI untuk Vatikan, menjadi jelas bagi kita semua terutama bagi umat Katolik bahwa mendoakan kesembuhan Paus Fransiskus adalah lebih mulia daripada ikut membagikan berita sebagai bentuk keprihatinan namun bukan berita yang valid dan akurat tetapi berita bohong.

Seperti bacaan Injil hari ini, semoga kita mampu mengalahkan godaan untuk menyebarkan hoax. Kita semua dipanggil untuk mendoakan kesehatan dan kesembuhan Paus Fransiskus dengan satu kali Bapa Kami dan Tiga Kali Salam Maria setiap hari. Salam damai.

Manila: 01-Maret-2020
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update