-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tenang, Jangan Takut! Pastor Paroki Bersama Kalian

Minggu, 29 Maret 2020 | 10:11 WIB Last Updated 2020-03-29T03:11:16Z
Tenang, Jangan Takut! Pastor Paroki Bersama Kalian
Pater Tuan Kopong, MSF

Duka dan kecemasan yang dialami di tengah wabah covid 2019 tidak berarti menghilangkan harapan dan pengorbanan bagi yang lain dalam hidup kita. Dan itu juga pengalaman iman yang saya alami selama seharian hari ini ketika mulai pagi hingga malam mengunjungi umat sambil memberikan bantuan dari Caritas Keuskupan sekaligus menyapa dan menguatkan mereka.

Dua malam berturut-turut saya dan sekretaris paroki memang berdiskusi panjang bagaimana mendistribusikan sumbangan solidaritas ini. Sekretaris paroki mengusulkan agar mereka dipanggil satu per satu untuk datang mengambil di paroki. Namu saya tidak setuju dengan alasan pasti mereka akan datang bersama keluarga atau teman mereka maka tidak akan ada social distancing.

Dan alasan kedua dengan tegas saya katakan bahwa; “biarlah mereka dikuatkan dan merasakan bahwa pastor paroki mereka tidak melupakan mereka”. Paling tidak kehadiran saya sebagai pastor paroki menjadi tanda kehadiran Yesus yang mengatakan kepada mereka; “Tenanglah, Aku ada bersama kalian, jangan takut” (bdk. Mat 14:27).

Akhirnya sekretarispun menyetujui dan proses perijinan kepada dua kepala desapun diberikan dengan tetap memperhatikan social distancing dan sikap waspada. Dan benar setelah kembali ke paroki, banyak pesan yang masuk melalui mesenger, mengucapkan terimakasih kepada saya; “padre, terimakasih banyak karena telah membantu kami, ada pula yang mengatakan; padre terimakasih karena tidak melupakan kami”.

Pengalaman kedua yang meneguhkan adalah keberanian berkorban. Beberapa keluarga yang saya tahu ekonomi mereka adalah kelas menengah ke bawah dalam arti sangat sederhana, berani menolak sumbangan yang kami berikan dengan alasan seperti yang mereka ungkapkan kepada saya secara langsung; “padre, kami masih lebih dari cukup, masih banyak orang lain yang membutuhkan.

Di tengah situasi yang mencekam masih ada yang mau berkorban memberikan harapan dan kekuatan kepada yang lain. Bahwa dari sisi ekonomi mereka juga tentu sangat membutuhkan namun mereka berani mengatakan KAMI MASIH LEBIH DARI CUKUP. MASIH BANYAK SESAMA KITA YANG LEBIH MEMBUTUHKAN”.

Dari pengalaman sederhana ini saya akhirnya menemukan bahwa ada kegembiraan, sukacita, harapan dan keteguhan iman hanya akan bisa muncul di tengah situasi penderitaan seperti hari-hari ini ketika ada kehadiran yang meneguhkan mereka; Tenang, jangan takut aku bersama kalian dan semangat pengorbanan, solidaritas dengan berani mengatakan sudah lebih dari cukup.

Manila: 28 Maret 2020
Pater Yohanes Tuan MSF
×
Berita Terbaru Update