-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

VOX DEI atau VOX MEA: Menuju Bilik Suara Pilkada 2020

Rabu, 11 Maret 2020 | 11:22 WIB Last Updated 2020-03-11T05:10:15Z
VOX DEI atau VOX MEA: Menuju Bilik Suara Pilkada 2020
Romo Edigius Menori

Vox Dei atau Vox Mea, bahasa Latin = suara Tuhan atau Suara Saya. Anda bertanggungjawab memilih yang anda inginkan. Pilihanmu bentuk tanggung jawab terhadap dirimu, orang banyak dan kehidupan berbangsa. 

Bila anda tidak ingin pilihanmu beresiko negatif untuk dirimu sendiri dan orang banyak, atau  bila anda menginginkan pilihanmu bakal mewujudkan kehidupan bersama dan berbangsa yang lebih baik maka masuklah ke dalam keheningan hari tenang. Ambillah jarak dengan diri sendiri. Letakan pilihanmu pada jarak pandang yang pas agar engkau dapat melihat jati diri dan kompetensi pilihanmu. 

Ingat kata buku suci, "Bukan kamu yang memilih Aku melainkan Akulah yang memilih kamu". "Aku memilih kamu supaya kamu pergi dan menghasilkan buah," lanjut buku suci.

Sepintas anda sendiri yang memilih calon tertentu. Tetapi kalau anda menyadari diri hanyalah alat di tangan Tuhan, maka sesungguhnya bukan anda yang memilih melainkan Tuhan yang memilih untuk anda.

Anda dapat menggunakan akal sehat untuk memilih namun tanpa keterbukaan dan kerendahan hati untuk mendengarkan DIA, Yang Maha Tahu maka suaramu bukanlah 'Vox Dei' tapi 'vox mea'.

Penting untuk menggunakan hari tenang menjelang PEMILU untuk mendengarkan bisikan nuranimu. Tuhan ada di sana, di hatimu. Dia butuh suaramu untuk memajukan kehidupan bersama. Kamu mungkin butuh duit atau kemenangan tetapi nuranimu butuh damai sejahtera dan kebenaran.

Selamat menuju bilik suara pilkada.

Oleh : Edigius Menori
Ketua Yayasan SUKMA (Sekolah umat Katolik Manggarai), Keuskupan Ruteng, Manggarai, NTT

Kontak:
redaksisocietasnews@gmail.com
×
Berita Terbaru Update