-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DAYA BREAKWATER DALAM DIRI

Sabtu, 18 April 2020 | 15:06 WIB Last Updated 2020-04-18T08:06:54Z
DAYA BREAKWATER DALAM DIRI
Ilustrasi: FB milik Pater Fritz Meko Svd

Kemarin sore seorang umat (Mr. SLD) datang ke Soverdi, menghantar titipan. Katanya, sebagai oleh-oleh buat hibur diri dalam keheningan Stay at Home.

Panjang-lebar kami bicara tentang musik, recording dan tak terlewatkan soal CORONA. Dia pun polos bertanya:

• Romo Fritz, nampak romo santai dan seperti begitu tenang. Romo seperti tidak terlalu sibuk dengan isu COVID 19 yang begitu menakutkan. Kecuali romo lebih banyak menulis di FB. Romo hebat. Mau memberi peneguhan kepada banyak orang melalui FB.

* Hahahaha...... waduh maaf. Jangan katakan, saya HEBAT. Saya hanya percaya bahwa, saya punya daya BREAKWATER dalam diri, sehingga saya bisa memberi MAKNA bagi diriku sendiri dan bagi sesama. Itu saja.

• Oh ya? Lalu apa itu BREAKWATER?

* Pada hakekatnya, Breakwater adalah, penyerap gelombang air laut yang dapat mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai, sehingga memudahkan kapal dan perahu dapat bersandar dengan baik di pelabuhan. Nah..... Breakwater dalam diri itu sama dengan SIKAP BATIN YANG TEGUH dan KONSISTEN.

• Wah....Terimakasih untuk penjelasannya. Tapi apa hubungannya dengan pernyataan Romo, bahwa “saya bukan orang hebat. Dan mungkin juga dalam hubungan dengan COVID 19 ini?”

* Oh.... ya, saya memang bukan orang hebat. Saya hanyalah orang dengan kemampuan biasa saja, yang selalu dan setia mengandalkan KETEKUNAN dan KONSISTENSI dalam belajar, sehingga saya bisa berbagi dengan orang lain, misalnya dengan membantu secara langsung atau dengan cara menuliskan ide-ide untuk dibaca orang dan menghibur orang dengan menyanyi, heheheeh..... walau dengan cara sederhana saja.

Jadi sesungguhnya, TEKUN dan KONSISTEN adalah daya BREAKWATER dalam diri untuk menghancurkan sikap SANTAI, MALAS dan PESIMIS.

Dan dalam hubungan dengan COVID 19, daya BREAKWATER juga penting kita rawat dalam diri kita.

Di saat kita semua harus STAY AT HOME yang membawa EFEK MAJEMUK bagi semua bidang kehidupan kita (kerja, doa, relasi, dll), daya BREAKWATER yang kita andalkan adalah, PIKIRAN YANG JERNIH, IMAN YANG TEGUH, KREATIVITAS, KETEKUNAN, KESETIAAN, PENGERTIAN dan KESABARAN.

Semua daya BREAKWATER ini, sangat penting agar kita tidak STRESS, KECEWA, PESIMIS dan EMOSI dalam keadaan yang sungguh menekan kita saat ini, entah sampai kapan?

• Terimakasih banyak romo, untuk masukannya yang baik agar direnungkan. Semoga saya bisa merawat daya Breakwater dalam diriku, di saat yang tidak menentu ini. Dan semoga romo tetap menulis dan menyanyi bagi kami.

Begitulah DIALOG singkat saya dengan Mr. SLD yang adalah seorang Tenaga Medis, juga seorang musisi. **

* Surabaya, April 2020

Oleh: Pater Fritz Meko Svd
×
Berita Terbaru Update