-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Karena Kita Bertetangga (Pater Tuan Kopong MSF)

Sabtu, 18 April 2020 | 22:42 WIB Last Updated 2020-04-18T15:42:29Z
Karena Kita Bertetangga (Pater Tuan Kopong MSF)
fotocbcpnews

“Saya membagi pengalaman sederhana ini sebagai ajakan untuk memberi dan menerima bantuan di tengah covid 2019, jangan melihat agama. Karena harus diakui bahwa seringkali terjadi ketika ada bantuan dan sumbangan dalam situasi seperti ini ada saja isu agama yang dimunculkan”

Kita semua tahu bahwa mayoritas agama terbesar di Pilipina adalah Katolik. Di paroki saya meski sebagai mayoritas namun ada juga gereja (3) dari denominasi gereja lainnya. Untuk umat Islam ada satu keluarga.

Satu pengalaman yang saya alami ketika membagikan bantuan untuk umat dan masyarakat di kelurahan kami. Kebetulan paroki mencakup tiga kelurahan. Satu kelurahan di pusat paroki dan dua kelurahan di dua stasi yang berbeda. Ketika hendak membagi dan melakukan pendataan sekretaris paroki bertanya kepada saya; “padre, siapa-siapa yang diberi”?

Saya menjawab; “Umat Katolik kelas menengah ke bawah dan umat beragama lain”. Setelah mendengar jawaban saya dan sepakat, maka kamipun mulai berkeliling untuk memberikan bantuan.

Satu pengalaman yang mengejutkan saya adalah ketika kami tiba di beberapa keluarga yang non Katolik. Setelah panjang lebar saya menjelaskan bahwa ini ada sedikit bantuan dari paroki kita untuk keluarga kalian, bentuk cinta dan perhatian paroki kita dan semoga bisa membantu keluarga kalian. Tetap di rumah, waspada dan saya mendoakan kalian.

Tiba-tiba mereka menjawab maaf sir, kami bukan Katolik. Mendengar itu saya langsung menjawab bahwa ya tidak apa-apa, tapi kita bertetangga. Saya dan tentu kalian termasuk umat saya ketika hendak membangun rumah di samping kalian atau di samping gereja tidak pernah menanyakan agama kalian apa, apa agama saya tapi akhirnya kita bisa bertetangga sebagai sahabat, saudara bahkan keluarga.

Saya juga tidak pernah berpikir bahwa akan menjadi seorang misionaris di Pilipina. Tapi karena kehendak Tuhan akhirnya saya bisa menerima kalian, kalian bisa menerima saya sebagai sesama saudara karena kita bertetangga.

Jadi meskipun saya seorang pastor Katolik dan hari ini bersama umat saya yang Katolik memberikan tanda cinta dan kasih kami kepada kalian karena kita menghadapi satu persoalan bersama yaitu covid 2019, itu karena pertama-tama kita bertetangga dalam CINTA PERSAUDARAAN meski kita berbeda.

Setelah mendengar penjelasan saya, merekapun akhirnya menerima sumbangan cinta kami seraya mengucapkan; “Terimakasih sir atas perhatian dan cinta kalian. Tuhan memberkati kalian”, ungkap mereka.

Setiba di paroki saya mengatakan kepada sekretaris paroki dan sukarelawan yang ikut membantu membagikan sumbangan bahwa “Di mana ada Gereja Katolik cinta wajib dibagikan karena Gereja adalah kita semua yang berbagi baptisan, iman, dan harapan yang sama dalam kebangkitan”.

Manila: 18-April-2020
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update