-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketika Lelah Jiwa

Minggu, 26 April 2020 | 17:49 WIB Last Updated 2020-04-26T10:49:30Z
Ketika Lelah Jiwa
Ketika Lelah Jiwa (Ilustrasi: google)

Masuklah dalam keheningan batin. Biarkan jiwa beristirahat sejenak. Biarkan hati melepas segala kesesakan hidup. Ajaklah pikiran berdamai dengan diri sendiri. Inilah saat indah yang dibutuhkan oleh diri terdalam.

Barangkali hari-hari kita terlalu sibuk dengan aneka kegiatan atau fokus dengan persoalan, bahkan untuk makan pun kita tidak sempat. Kita lupa dengan diri sendiri.

Kita mungkin memeras pikiran hanya demi menahan emosi, gejolak atau perasaan yang tak stabil atau untuk mengendalikan anggota tubuh agar tidak lancang.

Kita mungkin menghabiskan banyak tenaga untuk melaksanakan sesuatu yang mungkin atas nama kewajiban agar tidak dicampakkan begitu saja atau biar terlihat ada.

Semua hal tersebut akan menjadi tidak bermakna, hidup menjadi membosankan atau kehilangan arah, ketika jiwa lelah, hati hampa, pikiran kalut dan kesadaran menurun.

Masuklah dalam ruang keheningan batin. Mungkin keheningan menjadi momok yang menakutkan karena kita terbawa lagi dalam luka dan duka masa lalu, atau terbuai ilusi dan impian masa depan, atau pula raga di satu tempat namun pikiran berlari dari satu tempat ke tempat lain, dari satu orang ke orang lain.

Dalam keheningan batin, ada tetesan yang menyegarkan jiwa, kemurnian dan kebeningan nurani ditemukan, kesadaran dan kedamaian tercurah, kesesakan dan keruwetan terurai, kebenaran dan kejujuran tersingkap.

Oleh: Joseph Pati Mudaj, MSF
×
Berita Terbaru Update