-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Renungan Minggu Palma: “Aku Datang Menjumpaimu”

Minggu, 05 April 2020 | 15:03 WIB Last Updated 2020-04-05T08:03:39Z
Renungan Minggu Palma: “Aku Datang Menjumpaimu”
Pater Tuan Kopong, MSF mengunjungi umat Allah

Perayaan hari Minggu Palma tahun ini memang berbeda dan sangat unik dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun-tahun sebelumnya, Yesus masuk diiringi lambaian daun-daun palma dan suara merdu menyanyikan lagu pujian Hosana Putera Daud. Barisan panjang umat manusia menyertai perjalanan Yesus memasuki kota Yerusalem, memasuki hati kita yang adalah Jerusalem tempat bersemayam sang Kristus Raja.

Namun hari Minggu Palma tahun ini menjadi perayaan yang paling unik dan mungkin langka dalam kehidupan kita sebagai umat beriman. Kita rayakan masuknya Yesus ke Yerusalem dalam kesedihan, ketakutan dan kecemasan. Tak ada suara merdu mengiringi masuknya Yesus. Pun pula tak ada lautan manusia menyertai perjalanan Yesus memasuki kota Yerusalem.

Yerusalem kita menjadi sebuah Getsemani dan Kalvari bagi Yesus tahun ini. Meski demikian ada yang menarik dan memiliki makna yang sangat dalam dari perayaan Minggu Palma tahun itu yaitu Yesus yang justru menjumpai dan memasuki rumah dan keluarga kita sebagai Yerusalem bagi-Nya.

Yesus yang memasuki Yerusalem untuk mengawali penderitaan, kematian menuju kebangkitan mulia, hari ini memasuki Yerusalem secara nyata di tengah-tengah keluarga dan komunitas kita. Penderitaan yang kita alami, kecemasan dan ketakutan yang kita rasakan hari-hari ini oleh covid 2019 menjadi Yerusalem sesungguhnya di mana kita merasakan kehadiran Yesus secara nyata yang bukan memulai penderitaan dan kematian-Nya namun justru menyatukan derita dan kematian-Nya dengan penderitaan, ketakutan dan kecemasan kita.

Yesus hari ini memasuki keluarga dan komunitas kita untuk merasakan dan mengalami penderitaan, ketakutan dan kecemasan kita agar kita kuat dan tabah dalam iman. Yesus meminta kita untuk menanti kedatangan-Nya di dalam rumah dan komunitas kita masing-masing. Indah dan keren khan?!!

Hari ini Yesus datang menjumpai kita sekalian di rumah dan komunitas kita masing-masing; “Aku datang menjumpaimu” membawa kedamaian dan sukacita bagi kita semua bahwa derita, ketakutan dan kecemasan yang kita alami seperti dirasakannya di taman Getsemani dan Kalvari pada akhirnya membawa kemenangan, kemenangan dari sebuah pengorbanan.

Bukan sekedar ucapan selamat hari Minggu Palma yang kita ucapkan, namun pantaslah kita ucapkan; “ Selamat Datang Yesus, Pintu Rumah Hatiku Terbuka menyongsong kedatangan-Mu untuk bersemayam dalam Yerusalem Keluarga dan Komunitasku”.

Manila: 05-April-2020
Pater Yohanes Tuan MSF
×
Berita Terbaru Update