-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Renungan Paskah: Peran Yusuf dalam Paskah Tuhan

Minggu, 12 April 2020 | 13:36 WIB Last Updated 2020-04-12T06:36:49Z
Renungan Paskah: Peran Yusuf dalam Paskah Tuhan
Jeremy berpose di depan patung Bunda Maria

Keluarga Katolik terkasih, marilah kita sejenak bijak. Kebijaksanaan adalah ketika kita tidak melewatkan suatu masa berlalu tanpa makna. Kebijaksanaan mengajak kita bukan hanya berpikir, tetapi mendiamkan sesuatu sampai ia sendiri berbicara bersama waktu.

Kalau kita menyempatkan diri untuk sejenak merenung, barangkali saat ini akan menjadi saat istimewah yang akan kita kenang ketika situasi menjadi lebih tenang. 

Saya tidak berpanjang-panjang menjelaskan situasi kita. Kita masuk dalam lingkaran yang membuat kita tidak mampu berpikir, tidak bisa berkata, tidak bisa merencanakan, dan bahkan tidak mengerti, mengapa semua ini terjadi. Tetapi Pekan Suci yang kita sudah rayakan di awal bulan ini mengingatkan kita bahwa Tuhan berkarya dalam segala hal yang membingungkan, mencekam, memilukan, penuh duka dan menakutkan.

Pengalaman Prapaskah yang luar biasa bagi kita pasti ada gunanya. Pengalaman dihantui penyakit, ketakutan akan kedekatan, dan masih terus dihantui kekuatiran membuat kita, mau tak mau, merenung: “Ada apa dengan semua ini?” 

Tetapi semakin dipikirkan, semakin kita tidak menemukan jawabnya. 

Dalam kebingungan dan kekacauan, sedikit saja orang-orang yang tetap berpikir tenang. Kita membutuhkan orang-orang seperti Maria, yang tanpa kata menjalani jalan salib Anaknya. Kita ingin menemukan orang-orang yang tetap tenang dan memberi karya nyata seperti Yusuf dari Arimatea. Masih banyak yang bisa kita pelajari dari pribadi sederhana seperti mereka.

Maria sebagai pribadi pasti tidak sempurna seperti kita juga. Ia mengikuti setiap kekacauan dan kedukaan yang mendalam dengan iman yang tetap didekapnya. Bunda yang berduka tidak jauh dari Puteranya yang mengalami nasib sial karena disiksa dan dibunuh. Maria menunjukkan kedewasaan iman justru di saat kekacauan melecutnya untuk semakin berhenti berbicara dan terus mengamati, “Mau ke mana Tuhanku membawaku?” Bahkan jawabannya seperti orang yang pasrah, “Jadilah seperti yang Engkau katakan..” (Luk.1:38). Maria belajar dari diamnya, mengamati peristiwa di sekitarnya. Bahkan jiwanya mampu menembus keramaian teriakan orang-orang yang menganiaya Sang Putra. Memang kemendalaman ini suatu anugerah. 

Yusuf dari Arimatea bukanlah orang penting pada waktu Yesus berkarya. Dia muncul sesudah segala sesuatunya terjadi dan selesai dieksekusi. Ke mana Yusuf pada waktu Yesus dalam perjuangan-Nya? Mengapa ia tidak kelihatan berperan? lihatlah di Alkitab ayat tentang dia yang menguburkan Yesus.

Peran Yusuf seolah hanya sebagai penemu kubur untuk Yesus. Tetapi sebenarnya, peran ini tak tergantikan, karena Yusuf seorang yang kaya yang telah lama mengagumi Yesus. Tetapi dalam diamnya, ia berperan ketika Yesus sudah seperti tanpa harapan. Untuk apa percaya pada Yesus yang akhirnya mati juga? Yusuf merenungkan hidup dan perjalanan imannya. Ia tidak gegabah karena memang tidak punya kuasa. Akan tetapi ia mempunyai harta yang akhirnya digunakan sepenuhnya untuk pemakaman Yesus. Apa maknanya? Yusuf mengambil peran setelah menyaksikan kebesaran Tuhan selama perjalanan pengajaran-Nya justru sampai pada puncak imannya ketika Yesus membuktikan kebenaran kata-kata-Nya melalui perbuatan nyata untuk menebus dosa. Peran ini diambil pasti dengan kemendalaman tidak tenggelam dalam kekacauan, tetapi tahu bahwa saatnya tiba untuk mengambil peran penting menghormati Sang Guru yang wafat. 

Kita tidak berhenti dalam kekuatiran dan kesedihan melulu, sebab Paskah Tuhan membawa harapan, seperti kita juga berharap semua ini akan berlalu dan dunia kembali sehat bersama jiwa rohani kita yang semakin sehat. 

Mari berdoa bersama keluarga kita, sebab tidak ada lagi alasan untuk berpisah pada saat Tuhan berkata pulang ke rumah dan lakukan semua dari rumah. Selamat Paskah

Keterangan: Ringkasan dari Surat Keluarga Keuskupan Agung Jakarta
Oleh: Jeremy
×
Berita Terbaru Update