-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sejatinya Kita Sedang Berperang Melawan Diri Sendiri

Kamis, 16 April 2020 | 15:11 WIB Last Updated 2020-04-16T08:11:50Z
Sejatinya Kita Sedang Berperang Melawan Diri Sendiri
Pater Tuan Kopong, MSF

Hari-hari ini di beberapa daerah terjadi penolakan pada jenasah ataupun pasien covid 2019 karena takut tertular wabah covid. Bahkan para dokter dan perawat yang hanya “menerima” pasien akibat gagalnya kita memerangi keegoisan diri sendiri dan ikut tertular juga menjadi korban bully dan penolakan.

Dengan ketakutan yang menurut hemat saya berlebihan yang ditunjukan dengan penolakan dan pengumuman di mana-mana untuk tidak mudik atau pulang kampung dulu seakan-akan bahwa mereka yang akan mudik dan pulang kampung “pasti” menjadi penyebab tersebarnya wabah covid 2019.

Pertama, yang mau saya katakan adalah bahwa putusnya mata rantai penyebaran wabah covid 2019 pertama-tama bukan dari orang lain. Bukan dari mudik tidaknya orang dari tempat atau negara lain melainkan diri kita sendiri. Kita yang menolak atau meminta orang lain untuk tidak mudik dulu apakah sudah taat untuk menjadi agen putusnya penyebaran covid 2019 dengan setia memakai MASKER?

Selama kita tidak memakai masker, maka teriakan kita untuk meminta orang lain tidak mudik dulu itu sama saja dengan omong kosong karena kita sendiri yang tidak memakai masker juga sedang menjadi ancaman semakin meluasnya penyebaran wabah covid 2019.

Kedua, cuci tangan dan menjaga jarak. Selama kita rajin mencuci tangan, menggunakan masker kita juga menjadi pahlawan atau garis terdepan dalam melawan dan mencegah penyebaran covid. Menjaga jarak atau social distancing tidak semata-mata tidak keluar rumah tetapi lebih dari itu menghindari keramaian dan kerumunan. Selama kita menjaga jarak namun tidak juga menggunakan masker dan tidak rajin mencuci tangan, usaha social distancing juga memiliki peluang yang sangat kecil untuk mencegah penyebaran wabah covid 2019.

Maka yang paling pertama dan utama bukan sekedar mengingatkan orang lain untuk tidak mudik (bukan berarti saya mendukung mudik bagi sesama di perantauan, TIDAK). Tetapi yang paling pertama dan utama adalah MENGINGATKAN DIRI SENDIRI untuk memakai MASKER dan RAJIN MENCUCI TANGAN, karena sejatinya kita sedang berperang dengan diri kita sendiri untuk mencegah penyebaran wabah covid 2019.

Persoalan terbesar menghadapi covid 2019 ini adalah “KEBANYAKAN ORANG KURANG BERKORBAN TETAPI LEBIH BANYAK MENGELUH. KEBANYAKAN MALAS BERDOA TETAPI RAJIN BERSUNGUT-SUNGUT”.

Manila: 15 April 2020
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update