-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Aku Menyukai Diriku (Pater Tuan Kopong, MSF)

Jumat, 29 Mei 2020 | 20:51 WIB Last Updated 2020-05-29T13:51:59Z
Aku Menyukai Diriku (Pater Tuan Kopong, MSF)
Aku Menyukai Diriku (Pater Tuan Kopong, MSF)

Banyak orang termasuk saya malu untuk memuji diri sendiri. Entah itu kecantikan, kegantengan, kepintaran, kecerdasaan dan hal lainnya yang adalah kemampuan dan talenta dalam diri sendiri. Cukup beralasan mengapa malu untuk memuji diri sendiri karena dianggap sombong atau ge-er.
Namun ada juga yang percaya diri untuk memuji diri sendiri dengan segala kelebihan yang dimiliki sebagai anugerah terindah dari Tuhan sebagai ciptaan yang secitra dengan Allah. Bagi saya itu bukan kesombongan ataupun ke-ge-eran, tetapi sebagai bentuk penerimaan diri bahwa untuk bisa mengakui dan mencintai orang lain harus mampu menerima, mengakui dan mencintai diri sendiri.

Seiring bertambahnya usia, wajar jika seseorang melihat kembali masa lalunya, untuk melihat jalan yang telah ditempuh hingga sampai ke tempat yang sedang dijalani dan dihidupinya sekarang. Untuk sampai pada kehidupan hari ini, kita tidak hanya belajar dari kesalahan kita tetapi untuk membangun sebuah harapan, sekecil apapun harapan, dan untuk merayakan belas kasihan yang lembut”.

Bolehkah saya berkata pada diri saya sendiri misalnha pada hari ulang tahun saya, 'Saya Menyukai Diriku dan 'GOOD JOB FATHER”? Menurut hemat saya itu wajar dan sangat boleh untuk mengungakapkan pada diri sendiri sebagai ungkapan syukur atas anugerah Tuhan sekaligus ungkapan yang menunjukan kemauan saya menjadi diri sendiri.

Dengan mengatakan; “Saya menyukai diriku” menegaskan bahwa saya persis berada di tempat yang seharusnya yaitu menjadi diri saya sendiri, dengan semua orang yang seharusnya yaitu mereka yang mau dan bersedia menerima saya apa adanya tanpa paksaan dan kompromi.
“Apa pun yang buruk di masa lalu kini telah berubah menjadi baik, jika itu tidak membunuh saya, itu membuat saya lebih kuat dan semakin menyukai diriku”.

Manila: 29-Mei-2020
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update