-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kotak Rahasia (P. Yoseph Pati Mudaj, MSF)

Minggu, 31 Mei 2020 | 13:58 WIB Last Updated 2020-05-31T06:58:08Z
Kotak Rahasia (P. Yoseph Pati Mudaj, MSF)
Kotak Rahasia (P. Yoseph Pati Mudaj, MSF)-Ilustrasi: google

Segala sesuatu terjadi untuk suatu alasan dan tujuan. Dan kita tidak bisa mengubah sesuatu yang sudah terjadi. Demikian juga dengan masa lalu seseorang. Seburuk-buruknya masa lalunya, kita tidak bisa mengubahnya. Tapi maukah kita menjadikan seindah-indahnya masa depan kita?

Kadang kita harus bisa mengendalikan hasrat yang menggebu-gebu untuk mengetahui masa lalu 'kelam'nya agar tidak membuat kita terkejut, curiga, takut, stres, cemburu, khawatir dan bahkan hilang kepercayaan.

Cukuplah mengetahui masa lalu seperlunya saja. Memang perlu ada komunikasi yang jujur agar semakin mengenal, tapi tidak semua hal harus diceritakan. 
Ada hal yang harus ditempatkan pada kotak rahasia agar tidak menganggu relasi sekarang. Fokuslah pada masa kini karena kita  tidak sedang hidup di masa lalunya. Terimalah pasangan dengan ikhlas dan percayalah bahwa setiap orang bisa berubah.

Ketika kita mengungkit masa lalu seseorang, kadang kita tidak sampai berpikir akan berapa banyak air mata yang ia teteskan atas rasa sakit masa lalu, berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk berdamai dengan masa lalu, berapa besar perjuangannya untuk berubah dan menjadi lebih baik. Kita hanya membuang waktu dan energi karena tidak merubah apapun masa lalunya.
Hidup terus berjalan. Jangan biarkan diri kita terjebak dalam masa lalu seseorang sehingga membuat kita sulit untuk melukis seindah-indahnya pelangi masa depan bersamanya.

P. Yoseph Pati Mudaj, MSF
×
Berita Terbaru Update