-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Roh Kudus-Roh Cintakasih Yang Mempersatukan

Minggu, 31 Mei 2020 | 12:02 WIB Last Updated 2020-05-31T05:32:15Z
Roh Kudus-Roh Cintakasih Yang Mempersatukan
Roh Kudus-Roh Cintakasih Yang Mempersatukan (Ilustrasi: google)

SENIMAN (Setetes Embun Iman Harian)
Minggu, 31 Mei 2020
HR. Pentakosta

Saya tidak tahu harus memulai dari mana permenungan hari ini. Saya menyadari betapa tidak mudah mengatakan akan PRIBADI YANG SATU INI. Karena tidak mudah untuk membuktikan kepada orang-orang modern zaman ini. Pertanyaan-pertanyaan tentang-Nya pasti akan berdatangan silih berganti. Dan tidak mudah untuk menjelaskannya. Namun yang saya dan Gereja imani-yakini bahwa DIA sungguh-sungguh ada. Karena DIA kita HIDUP, ADA, dan BERGERAK untuk senantiasi memuji, mengabdi, dan memuliakan ALLAH. Memang tidak mudah untuk mengenal-Nya dan tidak mungkin kita melihat-Nya serta memberi kesaksian tentangNya. Justru DIA lah yang memberi kesaksian. Kita tidak mampu melakukan semuanya itu karena kita pribadi yang rapuh dan penuh dosa. Sampai saat ini saya, Anda, dan Kita hanya dapat merasakan daya yang mengubah dan memperbaharui hidup kita hari demi hari menjadi semakin serupa dengan KRISTUS YESUS SANG MESIAS. 

Hari ini Gereja Semesta merayakan hari raya  Pentakosta. Turunnya ROH KUDUS atas para rasul dan Gereja. Kita menghadirkan kembali dan berusaha untuk terus menerus membuka hati bagi Roh Kristus-Roh Allah Bapa. Roh pengikat relasi Allah Bapa dan Allah Putera. Hari raya Pentakosta ini mengundang kita untuk kembali membiarkan seluruh diri kita dipenuhi, digerakkan, dan dihidupi oleh ROH KUDUS. Roh yang dijanjikan oleh Kristus Yesus sebelum IA terangkat ke Sorga "Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada..." (Yoh.20:23).

Perayaan Agung ini mengingatkan kita akan rahmat PEMBAPTISAN dan PENGUATAN (KRISMA) yang kita terima dari ALLAH TRITUNGGAL MAHAKUDUS. Rahmat yang menjadikan kita ANAK-ANAK ALLAH, yang menjadikan kita ANGGOTA GEREJA YANG DIUTUS UNTUK MENJADI SAKSI KASIH ALLAH. Melaluinya kita menerima Roh Kudus.  Roh yang turun dan memenuhi para Rasul di ruang atas-senakulum (Kis.2:1-11). Roh yang memampukan para Rasul berbicara dalam berbagai macam bahasa. Dan yang kini juga diwartakan oleh Gereja yang beziarah dalam bahasa KASIH. ROH KUDUS inilah yang MEMPERSATUKAN KITA SEBAGAI SAUDARA. Yang memapukan kita untuk SALING MELAYANI SATU SAMA LAIN. Saling MENGAMPUNI dengan Kerendahan hati. Untuk saling menjadikan DUNIA ini TEMPAT KEDAMAIAN meraja. 

Dalam pemenungan hari ini, saya hanya ingin mensyukuri iman akan misteri agung ini. Iman yang diwariskan oleh para Rasul kepada Gereja Kristus. Di mana ALLAH YANG MAHA BAIK DAN MURAH HATI  tidak pernah meninggalkan kita berjalan sendirian. Tidak membiarkan kita menanggung beban dan cobaan yang melampaui batas kemampuan kita.  Dan tidak menghendaki kita menyerah tanpa tujuan. IA adalah ALLAH yang senantiasa beserta kita. IA sungguh hadir dalam ROH-NYA sendiri. Roh yang memampukan kita hidup seturut rencana dan kehendak-Nya. Kita yakin dan percaya bahwa Roh Kudus akan memperbarui muka bumi ini khususnya ditengah wabah virus Corona. Inilah doa dan harapan kita. Untuk itu saya, Anda, dan Kita tidak perlu takut dan ragu akan pribadi ketiga dari Allah Tritunggal Mahakudus ini. Menaruh PERCAYA kepada ALLAH itulah yang ALLAH harapkan dan kehendaki atas diri kita.

Di hari yang penuh rahmat ini saya mengundang kita untuk bersama-sama berdoa "Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi. Allahku, nama-Mu hendak kupuji, Engkau amat agung berdandan sinar kebesaran..." (Mzm.104).

MARI KITA JADIKAN HIDUP KITA MENJADI CERITA KASIH ALLAH DI DUNIA INI. 
BERKAH DHALEM...
×
Berita Terbaru Update