-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hidupku adalah Cerita Menarik (Pater Fritz Meko, SVD)

Rabu, 03 Juni 2020 | 16:51 WIB Last Updated 2020-06-03T09:51:16Z
Hidupku adalah Cerita Menarik (Pater Fritz Meko, SVD)
Hidupku adalah Cerita Menarik (Pater Fritz Meko, SVD)

Apakah saya sungguh yakin bahwa, hidupku merupakan sebuah cerita yang menarik? Apa “kerangka cerita” hidupku, sehingga begitu menarik?

Memangnya, saya seorang ahli? Seorang pahlawan? Seorang yang hebat? Seorang yang luar biasa? Sehingga dapat menjadi ceritera yang menarik?

Mungkin saya tidak sempurna, tapi itu tidak berarti saya tidak punya alasan untuk memiliki ceritera menarik tentang diriku. Saya kira, semua orang selalu merindukan agar hidupnya menjadi cerita yang menarik.

Andrew Delbanco dalam bukunya “The Real American Dream: A Mediatation On Hope” menulis bahwa, “Manusia mengatur urutan pengalam hidup mereka, menjadi suatu cerita yang indah dan menarik. Ketika ceritera itu mengarah ke suatu tempat, itu justru memberi harapan untuk memiliki ceritera yang indah tentang hidup mereka.”

Saya sungguh setuju dengan pernyataan Delbanco ini. Seperti apa pun warna hidupku, saya toh akan terus melangkah maju, meninggalkan masa sekarang menuju masa depan yang menjadi lahan untuk mencipta ceritera baru tentang hidupku.

Masa sekarang punya rangkaian ceritera tersendiri. Dan melangkah maju punya alur kisah yang khas, serta masa depan punya “lembaran baru” untuk melukis cerita di atasnya.

Delbanco menegaskan bahwa, “ Kita tidak bisa menanggung hidup dengan hanya hidup di masa sekarang, menghadapi peristiwa demi peristiwa yang tidak ada kaitannya, dan hanya mengejar keinginan sementara.

Kita adalah MAKLUK yang berorientasi pada masa depan, maka kita harus memahami diri kita sebagai makluk dalam sebuah cerita yang mengarah ke suatu tempat.”

Di balik harapan Delbanco ini, ada isyarat bahwa, saya memiliki panggilan “sakral” untuk memberi makna kepada hidupku secara bertanggungjawab, sehingga semua ziarah hidupku dapat menjadi sebuah ceritera yang indah dan menarik.

Kalau hidupku menjadi sebuah cerita yang indah dan menarik, itu berarti selama hidup, saya sungguh menempatkan diriku secara baik sebagai HADIAH YANG SUNGGUH BERHARGA bagi orang lain.

Dengan itu, kenangan akan diriku akan tetap terlukis pada dinding hati mereka yang pernah mengenal saya.**

* Surabaya, 3 Juni 2020

Oleh: Pater Fritz Meko, SVD
×
Berita Terbaru Update