-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Keluarga Sebagai Miniatur Gereja

Kamis, 18 Juni 2020 | 13:31 WIB Last Updated 2020-06-18T06:53:06Z
Keluarga Sebagai Miniatur Gereja
Keluarga Sebagai Miniatur Gereja - Ilustrasi: google

Keluarga merupakan miniatur gereja hanya dibedakan berdasarkan ukurannya yang berskala kecil di tengah-tengah gereja universal yang berskala besar, namun sama-sama merupakan keluarga Allah, memiliki rahmat baptisan yang satu dan sama untuk menghadirkan dan mewartakan Yesus dalam keluarga melalui doa dan karya. Setiap anggota keluarga, sesuai dengan peranannya masing-masing, melaksanakan imamat baptisan dan memberikan sumbangan untuk menjadikan keluarga itu suatu komunitas rahmat dan doa, komunitas cinta kasih yang harus dibuktikan melalui semangat pelayanan tanpa pamrih kepada sesama anggota keluarga.

Baca juga: Oase di Tengah Keluarga Kristiani

Paus Yohanes Paulus ll menyadarkan kita tentang pentingnya semangat pelayanan ini : tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak memiliki keluarga. Gereja adalah rumah dan keluarga bagi semua orang, terutama bagi para pekerja dan mereka yang berbeban berat. Ada anggota keluarga yang merasa terbeban berat dengan berbagai kesulitan hidup, maka keluarga seharusnya menjadi sebuah sekolah keutamaan manusiawi dan kristiani dan merupakan tempat iman pertama kali diwartakan kepada semua anggota keluarga. Keluarga sebagai miniatur gereja berarti keluarga berhasil mewujudkan misi perutusan Yesus yakni sebagai imam,nabi dan raja di tengah-tengah keluarga sebagai komunitas umat basis.

Pertanyaan refleksi : Apakah keluargaku sudah menjadi gereja mini, sebuah komunitas cinta  yang selalu menghadirkan Yesus melalui doa dan karya amal ?

Doa : Ya Yesus, jadikanlah keluarga kami sebagai sebuah komunitas cinta, yang selalu menghadirkan kasih dan kebaikanMu melalui kata dan perbuatan yang menyenangkan di antara anggota keluarga kami.

Oleh: Urbanus Manehitu
×
Berita Terbaru Update