-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengapa Permintaan Maaf Begitu Sulit Dilakukan

Selasa, 23 Juni 2020 | 09:37 WIB Last Updated 2020-06-23T02:37:44Z
Mengapa Permintaan Maaf Begitu Sulit Dilakukan
Mengapa Permintaan Maaf Begitu Sulit Dilakukan - Ilustrasi: google

Masalah Kebanggaan

Meminta maaf berarti mengesampingkan harga diri untuk sementara waktu dan siap mengakui ketidaksempurnaan. Bagi sebagian orang, ini terlalu rentan dan berbahaya. Itu berarti mereka harus mengakui bahwa mereka cacat dan bisa berbuat salah. Sesuatu yang harus ditolak.

Tanda Kelemahan

Sebuah penelitian mengatakan bagi banyak orang, terutama pria, meminta maaf itu mencerminkan kelemahan. Orang-orang ini memiliki kecenderungan untuk perlu benar dan selalu terlihat kuat dan kuat.

Takut Dipermalukan

Beberapa orang punya pengalaman dipermalukan di masa kecil sehingga mereka tidak bisa mentolerir rasa malu itu bertumbuh hingga dewasa. Ini termasuk mengakui ketika mereka salah atau meminta maaf atas kesalahan.

Ketakutan akan Konsekuensi

Banyak orang takut mengambil risiko atas permintaan maaf. Resikonya ditolak, dijauhi, dimusuhi dan lebih parah lagi didoakan supaya cepat meninggal.

Merusak Reputasi

Meminta maaf bagi sebagian orang itu sangat beresiko. Keburukannya berisiko terekspos orang lain dan merusak reputasi mereka. Orang takut bahwa dengan mengakui kesalahan, mereka akan kehilangan rasa hormat.

Kurangnya Kesadaran

Banyak orang tidak meminta maaf karena mereka tidak menyadari efek tindakan mereka terhadap orang lain. Mereka tidak meminta maaf karena mereka tidak menyadari bahwa mereka memiliki sesuatu untuk dimintai maaf.

Ketidakmampuan Untuk Berempati

Sejauh ini, alasan paling penting mengapa begitu banyak dari kita mengalami kesulitan meminta maaf ialah karena kurangnya empati terhadap orang lain. Selalu merasa orang lain lah yang salah. Sebab untuk benar-benar meminta maaf, kita harus bisa membayangkan bagaimana perilaku atau sikap kita telah memengaruhi dan melukai orang lain. Sayangnya, banyak orang tidak punya kepekaan sampai pada poin ini.

Pentingnya Permintaan Maaf

Permintaan maaf adalah kemauan pribadi yang kuat yang memiliki kemampuan hampir ajaib untuk memberikan penyembuhan baik bagi yang tersinggung (orang lain) maupun pelaku. Yang sudah di level ini, janganlah menyia-nyiakan kesempatan untuk menyembuhkan, tumbuh, dan mengubah hidup menjadi lebih baik dengan menyembelih ego sembari mengakui kesalahan dan berempati pada nasib orang lain.

Oleh: Pater Garsa Bambang, MSF
×
Berita Terbaru Update