-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PEREMPUAN ITU KUAT

Kamis, 25 Juni 2020 | 22:47 WIB Last Updated 2020-06-25T15:47:45Z
PEREMPUAN ITU KUAT
P. Yoseph Pati Mudaj, Msf

Ia bisa melakukan semua pekerjaan yang dilakukan oleh laki-laki. Tetapi satu hal yang hanya ia saja bisa lakukan dan tidak bisa dilakukan laki-laki adalah mengandung dan membiarkan dirinya ‘terluka’ demi kehidupan baru. Siapapun tidak akan menyangkalnya, karena semua berasal dari kekuatan ini.

Perempuan mampu melakukan dua hal sekaligus dalam waktu bersamaan; menangis dalam tawanya atau tertawa dalam tangisnya. Ia bisa makan sambil menangis atau menangis sambil makan saat merindukan seseorang. Ia bisa berkata, ‘tidak apa-apa,’ disaat hatinya sedang sakit atau terluka.

Ia akan sedikit kesulitan mengungkapkan isi hati, luka bahkan semua yang membuatnya terluka. Jika ia bisa mengungkapkannya, tidak semuanya. Selalu ada yang disisakan untuk diungkapkan. Karena dalam kondisi tersakiti, ia masih memikirkan perasaan orang yang ia kasihi dan berharap semoga ia baik-baik saja.

Namun setegar dan sekuat apapun perempuan, ia pasti menangis, entah dengan atau tanpa air mata. Saat kata tak lagi bisa mewakili perasaannya, hanya air mata yang mampu mengungkapkan perasaannya. Itulah air mata perempuan yang mengandung sejuta makna; kesedihan, kegembiraan, kekuatan, dan pengharapan. Karena deraian air mata membersihkan sesak di dada dan memunculkan kekuatan di hati sehingga ia tetap tegar berkata, ‘Aku baik-baik saja!’

Jika kering sudah air mata, masih ada satu lagi kekuatannya yakni doa. Baginya, Tuhan tahu segala isi hati dan kerinduannya dan berharap mukjizat menjadi nyata.

P. Yoseph Pati Mudaj, Msf
×
Berita Terbaru Update