-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pro-kontra Netizen Terkait #boikotwikipedia Gara-gara Artikel PKI

Kamis, 04 Juni 2020 | 11:28 WIB Last Updated 2020-06-04T04:28:50Z
Pro-kontra Netizen Terkait #boikotwikipedia Gara-gara Artikel PKI
Pro-kontra Netizen Terkait #boikotwikipedia Gara-gara Artikel PKI - Ilustrasi google

Gara-gara artikel keliru soal PKI yang selalu merupakan isu sensitif di Tanah Air, netizen ramai-ramai menyerukan #boikotwikipedia. Ada apa dan mengapa #boikotwikipedia melakukan seperti itu?

Informasi soal PKI di Wikipedia yang bertajuk Pembantaian di Indonesia 1965-1966 menjadi trending topik di Twitter, dan menjadi bahan perbincangan warganet. 

Wikipedia yang merupakan trending topik bukan tanpa alasan. Bahwa artikel yang dimuat menyesatkan karena menyebutkan pihak PKI sebagai korban dan Soeharto sebagai otak dari peristiwa G30S/PKI. 

Para netizen merasa kecewa dan menyerukan boikot terhadap wikipedia yang melakukan aksi nekat memuat tulisan tersebut. Netizen melakukan tinjauan kritis, pasalnya artikel tersebut bisa saja memicu konflik. 

Namun, tidak sedikit juga  netizen mempertanyakan balik maksud orang yang mendukung #boikotwikipedia. Pasalnya, semua orang bisa mengedit tulisan-tulisan di wikipedia dan tidak bisa diakui sebagai sumber yang komprehensif. Para netizen yang berlatarbelakang akademisi menganjurkan supaya yang terpenting adalah memperbaiki kesalahan pengeditan dan meluruskan informasinya, karena semua netizen bisa melakukannya di Wikipedia.

×
Berita Terbaru Update