-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Siapa Menabur, Ia Menuai (Pater Yoseph Pati Mudaj, MSF)

Jumat, 12 Juni 2020 | 12:57 WIB Last Updated 2020-06-12T05:57:25Z
Siapa Menabur, Ia Menuai (Pater Yoseph Pati Mudaj, MSF)
Siapa Menabur, Ia Menuai (Pater Yoseph Pati Mudaj, MSF) - Ilustrasi: google

Bisa jadi hari ini kita merasa kuat, sehat dan aman. Bisa jadi kita sedang tersenyum karena berada di posisi atas. Bisa jadi sekarang ini kita menikmati masa jaya atau aneka keuntungan.
Tapi suatu saat, waktu menggerus kekuatan kita sehingga kita menjadi lemah tak berdaya. Fisik yang dulu begitu perkasa menjadi rapuh dan rentan terserang berbagai penyakit.
Waktu bisa membalikkan keadaan, sehingga kita berada pada posisi bawah. Putaran roda kehidupan tidak bisa dihentikan. Ada saatnya roda itu menggelinding liar hingga kita terjungkal ke bawah dan harus minta tolong.

Waktu juga bisa mengambil semua kejayaan dalam sekejap sehingga kita tidak punya apa-apa dan bukan siapa-siapa lagi. Baru kita sadar, betapa pentingnya orang lain di sekitar.
Maka saat kuat, jangan menindas orang lain. Saat berada di atas, jangan sewenang-wenang atau memperalat orang lain. Saat berjaya, jangan sombong atau menghina orang lain.
Waktu bisa mengembalikan apa yang kita berikan, membalikkan semua rencana, mengambil apa yang kita miliki dan menunjukkan keadilan yang semestinya.

Perdalam rasa syukur kepada Sang Pemberi waktu dan perbanyak amal kasih kepada orang lain. Karena pada saatnya, syukur akan berbuah dan amal kasih akan bergema.
Begitulah hukum alam. Siapa menabur, ia menuai. Bukan untuk menakut-nakuti tapi hanya sebagai pengingat diri.

Oleh: Pater Yoseph Pati Mudaj, MSF
×
Berita Terbaru Update