-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Taman Rahasia (Pater Garsa Bambang, MSF)

Kamis, 18 Juni 2020 | 23:09 WIB Last Updated 2020-06-18T16:14:30Z
Taman Rahasia (Pater Garsa Bambang, MSF)
Taman Rahasia (Pater Garsa Bambang, MSF)

Bayangkan bahwa rumah kita memiliki halaman dalam dan tersembunyi di mana kita memiliki taman. Tidak ada yang tahu tentang taman rahasia ini. Itu adalah tempat di mana kita menanam, menggarap, bekerja, menyiangi dan memanen. Sembari anda menanam dan mengolah kebun itu, tengoklah sudah berapa orang yang mulai mencibir dan menilai diri kita. Beberapa menilai pada SELF IMAGE, citra diri kita yang mungkin tampak lemah di mata mereka, kemampuan atau skill yang kurang memadai dan sebagainya.

Baca juga: Tulang Rusuk Bukan Tulang Rusak

Yang lain mungkin mengurus soal BODY IMAGE. Menilai karena citra dan rupa wajah kita yang gak karu-karuan, bentuk tubuh yang tidak ideal dan yang menyertai tubuh, assesoris yang dipakai.
Hasil panen pun tiba. Hasil dari kebun ini kemudian diam-diam kita bagikan kepada orang yang sudah mengejek dan mencemooh kita. Menakjubkan.

Kerendahan hati bukanlah kelemahan yang harus dihindari. Kerendahan hati bisa menjadi pintu gerbang untuk menerima pengampunan sebagai pilihan dan sebagai cara yang lebih dalam untuk memaafkan orang lain. Praktek kerendahan hati, menjadi jalan untuk mengatasi kemarahan dan menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.

Ini adalah gambaran dari kedalaman jiwa. Rumah melambangkan seluruh diri kita. Taman batin dan tersembunyi melambangkan kedalaman batin dan rahasia jiwa kita. Tukang kebun adalah Tuhan sendiri dan Dialah yang diam-diam masuk, mengolah, menanam, menyiangi, menanam, dan memanen banyak buah-buah baik yang keluar dari hidup kita. Dia selalu ingin masuk dalam kerahasiaan, melakukan banyak pekerjaan dalam hidup kita yang tidak ada yang tahu.

Hasilnya, jika kita membiarkan Dia masuk, Dia akan mengurus dan menata kebun hati kita. Dia melakukan hal-hal menakjubkan di halaman dalam ini, mengubahnya menjadi taman yang meledak dengan berlimpah. Menjadi besar tidak harus mendominasi di antara yang lain.

Oleh: Peter Garsa Bambang, MSF
×
Berita Terbaru Update