-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tinggalkan Cara Pikir Klise (Pater Oceph, MSF)

Sabtu, 20 Juni 2020 | 20:07 WIB Last Updated 2020-06-20T13:21:09Z
Tinggalkan Cara Pikir Klise (Pater Oceph, MSF)
Tinggalkan Cara Pikir Klise (Pater Oceph, MSF)

Ketika orang lain menilai kita dengan cara pandang yang salah, mengapa kita harus mengubah cara hidup atau pola laku kita hanya sekadar untuk menyenangkan orang lain?

Berbeda dengan orang lain bukan dosa, selama tidak melabrak norma. Berbeda dengan orang lain adalah wajar kerena sudut pandang orang pun berbeda-beda. Yang jelas, apa yang dipikirkan orang lain di luar kontrol kita.

Jika cara pikir orang lain klise, tinggalkan pikiran mereka. Bisa jadi mereka hanya sedang basa-basi saja atau berusaha membangun narasi usang atas dasar iri atau dendam dll.

Hiduplah dalam keaslian kita, jika itu tidak merugikan atau membahayakan orang lain. Lebih baik menjadi diri sendiri dengan bertumpu pada nilai iman dan moral.

Mengapa kita harus cemas terhadap kata orang lain, sementara kita berdiri pada jalan yang tepat. Orang lain tidak bisa melihat jiwa terdalam kita. Mereka juga tidak bisa mengontrol pikiran kita.
Tetapi jika memang harus berubah karena ketidaktahuan atau kesombongan, mengapa tidak kita lakukan? Kadang kita tidak tahu bahwa kita tidak tahu. Maka melalui orang lain, kita bisa tahu akan ketidaktahuan kita.

Oleh: P. Oceph, Msf
×
Berita Terbaru Update