-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Urgensi Sandaran Spiritual pada Umat Islam

Minggu, 07 Juni 2020 | 13:25 WIB Last Updated 2020-06-07T06:25:45Z
Urgensi Sandaran Spiritual pada Umat Islam
Urgensi Sandaran Spiritual pada Umat Islam - Ilustrasi: koran kompas

Membaca KOMPAS Sabtu, 6 Juni 2020 - pada halaman pertama tertulis tema di bawah ini. Seketika, saya dihantar kepada suatu kesadaran bahwa, MANUSIA senantiasa mencari sandaran SPIRITUAL untuk menopang JIWANYA.

Nonton juga SFN Channelhttps://www.youtube.com/watch?v=Bwu2oHj6XFU (Subscribe, like dan share ya) 

Hampir 4 bulan, semua RUMAH IBADAT ditutup, gara-gara COVID - 19. Kita semua “diminta” untuk bersandar kepada ATURAN PROTOKOL COVID. Kita begitu setia mentaati aturan ini, yang merupakan SANDARAN FISIK.

Tetapi dengan menutup semua rumah ibadat, seakan SANDARAN JIWA kita menjadi “runtuh” walau selama ini kita dapat beribadat di rumah dengan sistem LIVE STREAMING. Jelas BEDA RASA, ibadat di Rumah Ibadat dan Ibadat di Rumah sendiri.

UMAT ISLAM - telah “berani” keluar dari rumah dan mau ke MASJID untuk SHOLAT di sana. Mereka sudah merasa bahwa, JIWA telah menuntut HAK-NYA. Jiwa meminta SANDARAN untuk mendapat KEKUATAN di tengah PERSOALAN MONDIAL yang nampak seperti “sumur tanpa dasar.”

KEBERANIAN ini adalah “KEBERANIAN SPIRITUAL” yang beranjak dari kesadaran FUNDAMENTAL bahwa, manusia itu bukan hanya RAGA tapi JIWA juga.

Manusia akan mengalami PERKEMBANGAN HIDUP yang normal, jika kebutuhan RAGA dan JIWANYA dipenuhi secara wajar dan berimbang. Raga butuh MAKAN dan Jiwa butuh DOA. Dan UMAT ISLAM sudah menikmatinya, mulai JUMAT 5 Juni 2020.

Entahlah bagi UMAT LAIN? Apakah boleh belajar “KEBERANIAN SPIRITUAL” dari Umat Islam?

Jika berani, yuk.....buka Gereja, Pura dan Kuil, dll - dengan tetap memperhatikan Protokol Covid, sehingga JIWA pun dapat mengecap HAK-NYA secara wajar. **

* Pagi ini setelah Ekaristi Kudus TRINITAS

Oleh: Pater Fritz Meko, SVD
×
Berita Terbaru Update