-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pekerja Berlimpah Tapi Sedikitlah Tuaian

Selasa, 07 Juli 2020 | 15:47 WIB Last Updated 2020-07-07T09:26:22Z
Pekerja Berlimpah Tapi Sedikitlah Tuaian
Pekerja Berlimpah Tapi Sedikitlah Tuaian - Seles Panggara, CMF

Oleh: Seles Panggara, CMF

Sore itu Mas Kris pulang tertunduk lesu, bagaikan orang yang kalah perang. Ia bersama beberapa rekan kerjanya harus menghadapi pengurangan tenaga kerja (istilah halus dari PHK). Memang banyak perusahaan yang kini memangkas jumlah tenaga kerjanya sehubungan dengan pandemi covid-19. Perusahaan konveksi tempat Mas Kris juga demikian.

Tiga tahun terakhir ini Mas Kris kerja pada bagian produksi di PT Bosi. Penghasilannya menjadi andalan penopang hidup keluarga. Ia anak sulung dari tiga bersaudara. Kedua adiknya masih sekolah, yang bungsu kelas 2 SMP dan yang kedua kelas 2 SMA. Mereka tinggal di salah satu rumah petak di Cilincing Utara. Ayahnya saat dua setengah tahun ini hanya terbaring di tempat tidur karena penyakit stroke. Dulunya dia salah satu pengepul barang-barang bekas. Untuk membantu jalannya roda ekonomi keluarga ibunya berjualan gorengan di depan rumah.

Ibunya menangkap sesuatu dari wajah anaknya itu. "Nak kok kamu lesu banget?" Tanya ibunya. Mas Kris dengan berat hati menceritakan apa yang terjadi. Ibu memeluknya dan menguatkannya walaupun dalam hati dia juga sangat terpukul. Mereka sepakat untuk tidak memberitahukan hal ini pada ayah. Mereka kuatir penyakit ayah bisa makin parah bila tahu keadaan ini.

Mereka memutar otak apa yang akan dilakukan demi menyambung hidup. Pekerjaan ayah tidak mungkin dilanjutkan dalam kondisi seperti ini, jualan ibu juga berkurang jauh selama pandemi. Kebutuhan rumah tangga meningkat mengingat adik-adiknya harus bersekolah secara online sehingga butuh kuota internet (dulu mereka memanfaatkan Wi-Fi sekolah) ditambah lagi biaya makan siangnya tidak ada lagi seperti waktu masih kerja. Mereka sepakat memaksimalkan usaha ibu. Gerobak bekas ayah untuk mengumpulkan barang bekas disulap menjadi gerobak yang dapat digunakan menjajakan gorengan ibu keliling kampung di sekitaran bantaran kali. Mereka bergantian berjualan layaknya pekerja yang pakai shift kerja. Ibu berkata, "Nak lebih baik menyalakan lilin kecil dalam kegelapan daripada meratapi dan mengutuki kegelapan".

Selama menjajakan jualan keliling kampung, Mas Kris menemukan kenyataan yang sama yang dihadapinya bahkan banyak yang lebih susah darinya.
×
Berita Terbaru Update