-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hirarki Dokumen Paus

Rabu, 24 Maret 2021 | 08:59 WIB Last Updated 2021-03-24T01:59:35Z
Ada semacam struktur hirarkis dalam dokumen-dokumen Paus: Konstitusi Apostolik, Ensiklik, Nasihat Apostolik, Surat Apostolik dan Pesan Paus. Ada pula beberapa dari dokumen ini dapat dikeluarkan dalam bentuk Bulla kepausan, yaitu dengan meterai Paus; atau dalam bentuk motu proprio, ketika Paus mengeluarkan sesuatu yang tidak disarankan oleh Kuria Roma.

1. Konstitusi Apostolik: Nama yang diberikan pada dokumen-dokumen penting  dan meriah. Misalnya pada kesempatan promulgasi undang-undang, argumen-argumen yang relevan ataupun soal pengajaran yang definitif. Ada beberapa contoh yang bisa ditampilkan: Konstitusi “Munificentissimus Deus”, yang dengan Paus Pius XII memaklumkan Dogma Pengangkatan Maria. Lalu ada Konstitusi Dogmatis “Lumen Gentium” dari Konsili Vatikan II. Dan Konstitusi “Pastor Bonus” dari Paus Yohanes Paulus II yang dengannya beliau mereorganisasi Kuria Roma.

2. Ensiklik: Ensiklik biasanya bersifat umum, ditujukan kepada seluruh Gereja atau sebagian dan atau kepada semua umat manusia. Ensiklik dikeluarkan dalam kaitan dengan topik-topik penting dalam Gereja dengan karakter doktrinal, moral atau sosial. Misalnya Ensiklik “Fratelli Tutti” dari Paus Fransiskus yang intinya mendorong keinginan persaudaraan dan persahabatan sosial bagi semua umat manusia.

3. Nasihat/Anjuran Apostolik: Nama dokumen yang biasanya dikeluarkan sebagai bentuk elaborasi dari Paus berdasarkan proposisi yang dihasilkan oleh Sinode Para Uskup sebagai buah dari karya-karyanya. Misalnya: Eksortasi (nasihat) Apostolik pasca-Sinode Para Uskup Amazonia, sudah ditandatangani pada 2 Februari 2020 dan dipublikasikan pada 12 Februari 2020 yang lalu. Anjuran Apostolik ini diberi judul “Querida Amazonia” (Indonesianya: yang tercinta Amazon). Dalam anjuran apostolik ini Paus Fransiskus menanggapi dokumen terakhir Sinode Amazon, yang berakhir Oktober tahun 2019, dalam empat bidang: sosial, budaya, ekologi, dan gerejawi.

4. Surat Apostolik: Karakter dari nama dokumen ini adalah lebih bersifat umum. Dialamatkan pada kesempatan atau momentum tertentu dan hanya dalam lingkup Gereja Katolik. Misalnya, Surat Apostolik “Novo Millennio Ineunte” dari Paus Yohanes Paulus II, yang dikeluarkan pada akhir tahun Yubelium 2000. Atau Surat Apostolik “Patris Corde” dari Paus Fransiskus pada 150 tahun pemakluman St. Yosef sebagai pelindung Gereja Semesta. 

5. Pesan Paus: Pesan Paus ini biasanya dapat kita jumpai pada momen-momen tertentu dalam Gereja. Misalnya: Pesan Paus untuk Masa Prapaskah 2021, atau Pesan Paus Untuk Hari Perdamaian Sedunia. 

Semoga Bermanfaat.

Oleh: Pater Doddy Sasi, Cmf
×
Berita Terbaru Update