-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Duet Cinta: Harmoni Dalam Pernikahan

Sabtu, 17 April 2021 | 19:00 WIB Last Updated 2021-04-17T12:07:40Z
                                                  Gambar: google

[…Pernikahan yang kuat bukanlah tentang "perasaan" atau mendapatkan apa yang anda inginkan atau meningkatkan keterampilan komunikasi. Ini tentang menciptakan nilai, makna, dan tujuan dalam membangun hubungan.…]

Saat bahtera rumah tangga mulai berlabuh, serentak kedua pasangan menaiki gelombang kasih sayang dan keintiman yang kuat. Ombak sesekali membawa ke pasir keraguan dan kekhawatiran diri. Namun sesekali bangkit kembali, lebih kuat dari sebelumnya. Cinta memang gampang terucap namun hubungan berlandaskan cinta itu sulit. 

Duet cinta memaksudkan masing-masing pasangan menghadirkan; melengkapi harmoni agar layar rumah tangga tidak berjalan miring, tidak fals, tidak salah nada, tidak salah arah, tidak juga berat tetapi memastikan semuanya terkendali dengan baik, terukur dan benar. 

Sebagaimana dalam musik, harmoni adalah kombinasi dua atau lebih elemen yang menarik secara keseluruhan sehingga terciptalah alunan musik yang grande (mewah), indah dan mempesona. 

Dalam duet musik kedua musisi bisa membuat musik indah sendiri-sendiri. Tetapi bersama-sama mereka dapat melakukan sesuatu yang lebih besar daripada yang dapat mereka lakukan sendiri - membuat harmoni. 

Mari membayangkan sebentar kolaborasi musik Biola dan Cello. Biola tidak mengubah nada suaranya agar sesuai dengan Cello dan Cello tidak menjual nada suaranya untuk kepentingan Biola. Harmoni duet berasal dari instrumen bernada berbeda yang beresonansi bersama sekaligus mempertahankan keindahan individualitas mereka. 

Keharmonisan muncul dari duet pasangan yang selaras dengan nilai terdalam mereka, yang jika mereka saling mencintai, merangkul kasih sayang dan kebaikan satu sama lain. Landasan keharmonisan hubungan ditandai dengan seringnya dimainkan nada kasih sayang dan kebaikan yang berfokus pada kepentingan terbaik jangka panjang kedua pasangan. 

Percayalah, pernikahan yang baik adalah menyatunya dua orang pemaaf. Jangan khawatir tentang siapa yang benar atau salah atau tentang apa yang tidak anda sukai atau tidak miliki. Sebaliknya, fokuslah pada irama kasih sayang dan kebaikan dalam mencapai keharmonisan hubungan. 

Keharmonisan hubungan tidak serta-merta mudah. Ketika pasangan berhenti membuat harmoni dalam hubungan berumah tangga;  Ketika mulai mengkritik atau menghalangi biola dan dipaksa untuk menjadi Cello, dan sebaliknya, disitulah duet cinta mulai mengalami turbulensi. Siap menuju kehancuran. 

Duet cinta yang baik adalah dua-duanya harus sering latihan bersama, mencari nada bersama. Ketika intensitas duet cinta ini memudar maka kepedulian, penghargaan, toleransi, dan kasih sayang cenderung memudar dengan sendirinya.  Semoga kalian adalah "Duet Cinta terhebat".

Oleh: Pater Garsa Bambang MSF
×
Berita Terbaru Update