-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini Rahasia Yang Dicapai dalam Rangka Promosi Desa Wisata Rahong Utara

Sabtu, 10 April 2021 | 10:52 WIB Last Updated 2021-04-10T03:56:58Z
Kegiatan Business Gathering (Sharing session) dalam rangka promosi wisata pedesaan / Desa Wisata untuk mendukung destinasi super prioritas oleh Kementerian pariwisata adalah langkah atau strategi yang perlu dilakukan secara terus-menerus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, Manggarai kaya akan Sumber Daya Alam. 

Banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan. Potensi wisata ini tentu harus didukung oleh sumber daya manusia, infrastruktur dan sarana prasarana.

Pemerintah yang dalam konsepnya fokus dibidang pariwisata Budaya dan Religi perlu memerhatikan dengan tata ruang desa Wisata yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai daerah wisata budaya dan religi harus ditata dengan baik , misalnya wisata Religi.

Saat ini keberadaan tempat kuburan  tidak lagi di tempat umum yang sudah disiapkan namun di halaman rumah pribadi bahkan bagian halaman depan rumah yang tentu ini dapat menganggu tata kelola wisata religi.

Pemerintah bersama tokoh agama diharapkan hadir untuk mengatasi hal ini, selain itu semua desa atau wilayah yang sudah ditetapkan sebagai desa yang memilki potensi sebagai wisata Budaya maka yang berkaitan dengan simbol budaya Mangggarai harus dipertahakan terkait model bangunannya sesuai filosofi Budaya Manggarai seperti Rumah Gendang , Compang / Mesbah. 

Banyak rumah adat atau rumah gendang yang model bangunananya sudah tidak sesuai keaslian yang diwariskan nenek moyang sebab keaslian.

Padahal keaslian model rumah adat itulah yang memiliki nilai jual yang tinggi. Apabila SDM sudah unggul, infrastruktur sudah bagus, sarana dan prasarana juga bagus maka tantangan berikutnya adalah penyesuaian terkait tekhnologi yang semakin berkembang pesat, dalam tata kelola pariwisata diperlukan digital marketing system untuk bisa bersaing agar objek wisata yang ada di sekitar kita bisa diketahui oleh banyak orang baik dalam negeri maupun luar negeri.

Rahong Utara yang memiliki potensi pariwisata membutuhkan sentuhan pembangunan baik SDM, infrastruktur maupun sarana prasarana . Liang Bua, Cunca Lega, tempat makam pahlawan Manggarai ( Motang Rua ), Benteng Tubi dan lainya adalah Potensi yang memiliki peluang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dari sekian potensi diatas mencakup Wisata alam, Wisata Sejarah dan Wisata Religi, Rahong Utara yang sangat kental dengan Budaya Manggarai juga memiliki potensi dalam bidang wisata Budaya.

Untuk mendukung potensi yang kita miliki itu maka perlu ada gebrakan yang harus dibangun mulai dari desa. Pemerintah desa perlu diberikan pemahaman, diberikan pendampingan oleh pemda agar dana desa yang begitu banyak bisa dimanfaatkan dengan baik dan salah satunya bisa memanfaatkan untuk pembangunan sektor pariwisata.

Badan Usaha Milik Desa mayoritas di Manggarai saat ini tidak berjalan begitu baik, sebab produk - produk yang dijual oleh Bumdes adalah produk yang sudah ada atau sudah dilakukan oleh masyarakat sehingga kehadiran Bumdes bukan lagi membantu masyarakat melainkan hadir untuk menciptakan kompetisi dengan masyarakat.

Ketika bumdes membuka usaha yang sama dengan usaha atau produk yang dijual masyarakat kecil maka yang menjadi korban adalah masyarakat kecil. Barang yang dijual oleh bumdes tentu lebih lengkap dan harganya tentu lebih murah sehingga barang yang dijual masyarakat kecil tidak lagi berlaku yang pada akhirnya bangkrut. 

Padahal tujuan utama bumdes adalah untuk membantu masyarakat, keuntungan dari bumdes pun seharusnya dikembalikan atau dirasakan oleh masyarakat bukan oleh pengelola bumdes saja.

Dari hasil pengamatan saya maka bumdes di Manggarai umumnya dan di Rahong utara khususnya harus ditata ulang atau dirombak sistem tata kelolanya.

Jika didukung atau memiliki dasar hukum yang jelas maka bukan tidak mungkin sektor pariwisata bisa dikelola oleh  Bumdes  dalam rangka mendukung program wisata pedesaan atau desa wisata.

Tata kelola pariwisata Manggarai perlu transparan, jumlah wisatawan yang kunjung disetiap objek wisata harus didata dengan baik sehingga kita bisa mengukur berapa total wisatawan yang berkunjung tiap tahun ke Kabupaten Manggarai dan seberapa besar kontribusinya untuk kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Pariwisata adalah leading sektor,  dikelolanya sektor wisata  maka bisa mendorong sektor - sektor lain . Jika kita sudah mempersiapkan SDM,  infrastruktur dan sarana prasarana maka tinggal didukung dengan sistem promosi atau sistem penjualanynya yakni digital marketing system. 

Para Kaum milenial yang saat ini banyak bergelut dibidang  tekhnologi khususnya para pegiat kontent - kontent baik di youtube, blog maupun vlog harus didukung oleh pemerintah. Kegiatan - kegiatan dalam rangka promosi desa wisata terus dilakukan agar kaum milenial bisa diberdayakan. 

Jadikan sektor pariwisata untuk memandirikan desa - desa di Indonesia dan di Manggarai khususnya. Desa Mandiri - Desa Maju - Indonesia Maju.

Oleh: Agustinus Ganggar
×
Berita Terbaru Update