-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MAUN BOOT XANANA: PENGUASA HATI

Kamis, 15 April 2021 | 11:40 WIB Last Updated 2021-04-15T05:51:39Z
Sejak kecil, saya mendengar namanya. Dulu kalau sebut Timor Timur, pasti akan ingat namanya. Entah kenapa, waktu SD saya selalu berpikir bahwa beliau adalah Gubernur TimTim kala itu. Eh ternyata salah.

Sejak di Timor Leste, beberapa kali saya bertemu (tepatnya melihat dari dekat) orang ini. Menariknya, setiap kali bertemu atau melihat beliau, hampir tidak pernah melihatnya dengan pakaian neces. Kesan pejabat besar seakan hilang di balik penampilannya yang sangat sederhana.

Tahun 2014 saya bertemu dia sedang membersihkan jalan di kota Dili. Pakaiannya sederhana: sandal jepit, celana pendek kumal, kaus oblong kumal dengan topi cowboy tua. Sayangnya waktu itu tidak sempat foto. Besok harinya, saya melihat dia bermain dengan anak-anak di pantai.

Sekali saya melihatnya di Maliana, naik ojek dengan jeans kumal, sepatu sport putih dan baju kaos berkerah. Ingat, tanpa jas dan dasi. Diam-diam waktu itu saya mengikuti kampanye partainya. Kemudian ada yang guyon, "pastor sudah masuk partai politik". No! Aku tidak masuk partai politik, karena aku pastor. Apa lagi pendatang. Aku hanya ingin melihatnya dari dekat. 

Tahun 2019, saya pindah dari distrik ke kota Dili. Sangat mudah menemuinya. Kadang di luar dugaan engkau akan bertemu dia sedang pegang sapu lidi, sedang ikut menyapu jalanan. Kadang bertemu di toko di mana dia sedang menyamar menjadi pelayan toko. Seperti halnya saya. Saya terkejut ketika satu waktu saya pergi beli kertas di satu toko. Herannya, di sana si brewok putih ini juga ada dan sedang melayani orang yang sedang belanja dan foto copy. Dia tetap dengan kesederhanaannya. Tanpa embel-embel jabatan bahkan termasuk pengawal agak jauh darinya.

Beberapa waktu lalu, tahun 2020, saya melihatnya dikerumuni orang di toko China yang kami kenal dengan nama One dollar shop. Sekali lagi dia dengan pakaian sederhananya. Dia kelihatan kumuh dan tak terawat. Rambut putih dan brewok putih seperti tidak terurus. 

Pada saat bencana banjir 2020 lalu, hampir tidak susah kita menemuinya. Dia ada di mana-mana, di jalanan kota, menabrak lumpur, mengumpulkan sampah.  Begitu juga beberapa hari lalu. Saat Dili dan sekitarnya dilanda banjir bandang. Kita bisa nenjumpainya di mana-mana hampir di setiap lorong Kota Dili.

Penampilannya memang sederhana, tapi dia bukan orang biasa. Dia bukan orang sembarangan. Dia orang luar biasa. Namanya besar dan diakui dunia Internasional. Dia sudah pernah berdiri gagah di hadapan pemimpin dunia dan menyatakan Timor Leste itu benar-benar ada dan hidup. Dia berhasil menaklukkan para jenderal Indonesia dan pemimpin negara seperti Australia. Dia bukan milik Timor Leste saja, melainkan milik dunia. Dia dipandang besar oleh dunia. Tapi di negerinya DIA MAU TAMPIL JADI ORANG KECIL DAN SEDERHANA...

SAYA KAGET KALI INI, KAMI BERTEMU DAN ADA KAMERA TERSEMBUNYI. Saya senang bisa bertemu dengannya. Setelah lewat berapa jam bertemu dia di jalan solidaritas bencana, seseorang mengirimkan foto ini. Dia mungkin tidak sempurna, namun dia itu orang luar biasa. Dia Kairala Xanana Gusmao. Orang besar yang tetap mawas diri. Senang bisa bertemu dengan beliau apa lagi jika mengenalnya.

INGIN SEKALI MENULIS TENTANG DIA, NAMUN SAYA TIDAK MAU APA YANG SAYA TULIS MALAH MERUSAK REPUTASINYA. MAKA SAYA CUKUP MENGAGUMINYA DAN DUNIA TAHU DIA ITU SIAPA. DIA PENGUASA HATI ORANG KECIL. 

#Saya bukan politikus#

Oleh: P. Wendly J, Marot, SVD
×
Berita Terbaru Update