-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pak Jokowi Pana Pai, Gawe Gere (Selamat Datang) Di Nusa Tadon Adonara: Hadirmu Menjadi Sukacita Kebangkitan Kristus

Jumat, 09 April 2021 | 16:07 WIB Last Updated 2021-04-09T09:13:15Z
Saya tahu dan yakin bahwa kepergiaan bapak ke tanah Adonara yang hanya berselang beberapa bulan setelah mengunjungi Sumba dan Maumere (23-Februari 2021), akan mendapat hujatan dan menuai kritikan. Akan ada banyak suara yang menggugatmu.

Saya tahu dan sangat sadar bahwa suasana duka kami masih didalam kungkungan duka bangsa oleh pandemi covid 19. Akan ada banyak bahasa yang menggugatmu dengan alasan pelanggaran covid. Memang buah simalakama pak. Tapi satu hal yang meyakinkan saya bahwa, kesediaanmu untuk meninggalkan sejenak ibu kota, itu sudah bapak perhitungkan dengan baik dan tentu sudah melalui semua proses yang sangat ketat sesuai protocol.

Terlepas dari semua suara sumbang yang mungkin akan menyertai bapak, satu hal yang membuatku yakin bahwa bapak rela meninggalkan sejenak kesibukan bapak di ibu kota dan mau hadir mengunjungi kami orang Adonara karena cinta. Cinta bukan sekedar cinta tapi cinta yang dilandasi pengorbanan dan belarasa untuk ikut menikmati kabung duka kami dalam segelas tuak Adonara, rokok koli kebako (daun lontar dan tembakau) dan wua warak (siri pinang) Adonara dalam balutan selendang lamaholot sebagai tanda cinta kami pada bapak.

Cinta bapak untuk hadir bersama kami bukan sekedar untuk memberikan sumbangan tapi juga untuk ikut melihat secara lebih dekat rasa persaudaraan kami anak-anak Lamaholot dalam santapan khas Adonara kerja keras ina-ina Adonara: jagung titi, pisang, ubi kayu yang didalamnya kami menimba dan memupuk semangat persaudaraan dan toleransi.

Bapak bagai Yesus yang pergi meninggalkan duka dan kesedihan bagi kami semua namun bangkit dan datang menjumpai kami kembali membawa sukacita kebangkitan. Air mata haru baru saja mengiringi kepulangan bapak dari NTT beberapa bulan yang lalu yang diiringi dengan ragam hujatan. Dan kami kembali menangis karena tragedi banjir bandang. Namun hari ini bapak kembali hadir di tanah Adonara, membawa sukacita kebangkitan Kristus bagi anak-anakmu di Adonara.

Kebangkitan Kristus yang hanya sekejap kami rasakan namun sekejap pula berubah menjadi sebuah tragedi salib banjir bandang, kini engkau hadirkan di alam Adonara memberikan harapan, sukacita dan kekuatan bahwa bapak tidak akan meninggalkan kami anak-anak bapak.

Sebagaimana Yesus yang menampakan Diri kepada para murid setelah kebangkitan-Nya dan bersabda; “Damai sejahterah bagi kamu!” (Luk 24-35-48) kehadiran bapak di bumi Adonara walau tanpa kata dan bahasa telah mengatakan kepada kami anak-anak Adonara; “Damai sejehterah bagi kamu Adonara!” “Aku bersama kalian, jangan takut, damai dan pengharapan kubawa untuk kalian.”

Demikian bisikan kalbu bapak yang sedang kami rasakan melalui kehadiran bapak. Bapak, hadirmu di bumi Adonara hari ini sungguh menjadi pernyataan dan penegasan akan sukacita kebangkitan Kristus. Bahwa duka yang sedang kami alami hari-hari ini akan segera berubah menjadi sukacita kami bersama Kristus, bersama bapak dan saudara-saudari kami yang telah membantu dan menolong kami, yang menjadi tanda jelas kehadiran Kristus yang bangkit.

Manila: 09-April 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update