-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Yesus Adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup

Jumat, 30 April 2021 | 09:42 WIB Last Updated 2021-04-30T02:42:21Z
Inspirasi Harian
Yohanes 14:1-6
Jumat 30 April 2021

Yesus adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup

Bacaan Injil hari ini menampilkan amanat perpisahan Yesus bersama para murid-Nya. Yesus berkata berkata kepada murid-murid-Nya  " Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah percayalah juga kepada-Ku" .Yesus tahu bahwa kegelisahan akan mendatangkan penderitaan dan malapetaka bagi mereka. Karena itu Dia menasihati mereka untuk selalu percaya kepada Allah dan juga kepada-Nya. Percaya artinya menyerahkan diri seutuhnya kepada seseorang dan yakin sungguh bahwa pribadi yg dipercayakan sanggup membantu.

Percaya kepada Allah berarti yakin sungguh bahwa Dia bisa membantu, bisa memenuhi apa yg dibutuhkan, bisa menjaga dan melindungi.  Yakin sungguh bahwa Dia adalah sumber segalanya.

Percaya kepada Kristus berarti yakin sungguh bahwa Dia adalah saudara kita yg selalu mencintai kita, merasakan apa yang kita rasakan serta selalu siap membantu kita.Yesus hadir untuk menjadi kunci jawaban bagi manusia yang masih kebingungan akan dunia ini. Di tengah situasi kehidupan ini kadang kita juga mengalami kegelisahan, kecemasan karena wabah virus Corona, bencana alam atau  gelisah akan tugas, orang-orang yang kita cintai dan lain sebagainya. 

Hari ini Yesus mengingatkan kita untuk percaya kepada Allah dan percaya kepada-Nya. Mengimani Allah didalam Yesus Kristus membuat hidup kita tidak tenggelam dalam kegelisahan.  Hidup Yesus menjadi teladan bagi kita. Jika kualitas hidup kita, cara hidup kita seperti Dia, kita tidak akan diliputi oleh kegelisahan. Yesus menjadi kebenaran yang kita amini. Artinya, ketika banyak orang meragukan kebenaran, memanipulasi kebaikan, Yesus hadir sebagai wajah kebenaran yang tidak menyimpan tipu muslihat. Dengan mengarahkan pandangan kita dan beriman pada-Nya kita mengerti apa artinya menjadi orang benar. 

Sebagai bekal bagi kita hari kita di ajakan untuk meninggalkan kegelisahan dengan mengarahkan pikiran kita pada Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup

@. Yesus adalah "jalan".  Jika kita menanyakan arah dan seseorang memberi tahu kita untuk belok kiri di sana dan belok kiri di sini, kita cenderung tersesat.  Namun, jika orang tersebut membawa kita ke tujuan, kita dijamin akan sampai di sana dengan selamat. Orang itu menjadi, bagi kita sebagai  jalan.  Yesus tidak hanya mengarahkan kita kepada Bapa, tetapi dia adalah jalan. Marilah kita berjalan bersama Yesus kita berjalan di jalan yang Yesus lalui. Jangan mencari jalan di luar Yesus karena di sana kita akan tersesat.

 @. Yesus adalah "kebenaran."  Kebenaran membebaskan kita. Yesus bukan hanya berbicara tentang kebenaran tetapi ia adalah kebenaran itu sendiri. Marilah kita tetap ada dan tinggal bersama dengan kebenaran sejati yakni Yesus Kristus.

 @. Yesus adalah "hidup."  Bagi orang Yahudi, Taurat adalah kitab kehidupan.  Itu menginstruksikan orang-orang dalam iman dan praktik pemberi kehidupan.  Sekarang Yesus menjadi pemberi hidup.  Dia berkata, “Aku datang supaya mereka memiliki hidup, dan dapat memilikinya berlimpah-limpah”  bersama Yesus kita bisa sampai kepada Allah. Kita tetap menimbah kekuatan dari Yesus sendiri. Ia datang untuk memberikan kita hidup kekuatan di tengah situasi kesulitan ini.

Kita memilih Yesus sebagai jalan, kebenaran, dan hidup kita. Ia akan menyediakan tempat bagi kita di rumah Bapa, dalam kerajaan Surga. Kita tidak perlu takut dan gelisah dengan hal-hal duniawi ini karena Kristus sendiri telah memberikan jaminannya bahwa di rumah Bapa ada begitu banyak tempat untuk kita. Yang diminta dari kita adalah supaya kita tetap percaya  kepada-Nya dengan sepenuh hati, bertindak bijaksana, dan selalu mendengarkan ajaran-Nya, maka kehidupan kekal akan dianugerahkan kepada kita.

Oleh: Pater Eus Toda, CMF
×
Berita Terbaru Update