-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bulan Kebangkitan Spiritual Umat Katolik

Minggu, 16 Mei 2021 | 11:24 WIB Last Updated 2021-05-16T04:24:58Z
Bulan Ini menjadi bulan penuh rahmat bagi iman kita sebagai seorang Katolik. Bulan Mei yang menjadi devosi kepada Bunda Maria mengingatkan kita bahwa dalam setiap kesulitan Doa sang Bunda selalu menjadi kekuatan. Sebelum kita memohon pertolongannya, Sang Bunda telah mendoakan kita.

Masih dalam bulan ini, dua peristiwa besar semakin menguatkan iman kita sebagai seorang Katolik sejati. Tepat pada tanggal 13 Mei 1917, Bunda Maria untuk pertama kalianya menampakan diri di Fatima kepada Lusia, Fransisco dan Yasinta. Doa melalui doa rosario dan puasa untuk pertobatan dan perdamaian menjadi pesan iman kepada kita seluruh umat Katolik, dan kepada seluruh dunia melalui Lusia, Fransisco dan Yasinta.

Pada tanggal 13 Mei 1981, adalah mujikzat Allah menjadi nyata atas diri Santo Paus Yohanes Paulus II yang ditembak ketika sedang merayakan Ekaristi peringatan penampakan Bunda Maria di Fatima di lapangan Santo Petrus. Melalui tangan dan doa Maria, Allah menunjukan kemahakuasaan-Nya dan mujikzat yang menyelamatkan hidup Paus Yohanes Paulus II. Melalui tangan dan doa Maria, Paus Yohanes Paulus II mewartakan pesan perdamaian Bunda Maria dari Fatima yaitu dengan memaafkan dan mengampuni pelaku penembakan dirinya.

Bulan ini, masih pada tanggal 13 Mei, seluruh umat Katolik sedunia merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan di tengah perayaan Hari Raya Idul Fitri oleh saudara-saudari kita umat Islam. Kenaikan Yesus ke Surga semakin menegaskan iman kita kepada-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup (Yoh 14:6). Dia tidak hanya naik ke Surga tetapi juga mempersiapkan surga bagiku dan mengutus Roh Kudus untuk meneguhkan dan menguatkan iman kita di tengah berbagai pencobaan.

Dia yang adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup mengamanatkan misi kepada kita untuk menjadi seorang Katolik sejati yaitu menjadi Jalan melalui doa dan pertobatan yang membawa semua orang untuk melihat Kebenaran mujikzat karya Allah melalui Bunda-Nya, Bunda kita Maria agar mengalami kehidupan dan keselamatan.

Misi menjadi Jalan adalah dengan menegaskan identitas keimanan kita sebagai seorang Katolik dan bukan semata kompromi atas nama toleransi. Misi membawa Kebenaran adalah Kebenaran iman kita sebagai seorang Katolik dan bukan menyembunyikan identitas kita atas nama dialog kehidupan. Apalagi mencocoklogikan satu dengan lainnya. Misi membawa Hidup adalah Hidup sebagai seorang yang beriman Katolik yang didalamnya adalah Doa yang membuahkan perdamaian dan pengampunan.

Bulan ini menjadi bulan penuh rahmat karena kita boleh berjalan bersama Sang Bunda Maria dalam doa-doa kita dan bersamanya pula menyuarakan Kebenaran iman kita bahwa hanya bersama dengan Putera-Nya yang naik ke surga ada keselamatan.

Manila: 13-Mei 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update