-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menjadi Terang Bagi Sesama (Yohanes 12: 44-59)

Sabtu, 01 Mei 2021 | 10:28 WIB Last Updated 2021-05-01T03:29:53Z
Inspirasi Harian
Yohanes 12:44-50
Rabu, 28 April 2021

Menjadi Terang

Bacaan Injil hari ini menampilkan sikap Yesus akan penghakiman. Yesus sendiri berkata: "Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, tetapi untuk menyelamatkannya." Hal ini berarti bahwa tugas utama Yesus bukanlah sebagai hakim atas dunia melainkan untuk menyelamatkan dunia. Yesus sendiri telah mengatakan bahwa yang menjadi hakim dan berhak menghakimi dunia adalah Bapa-Nya yang di surga. Bapa sendiri sebagai hakim atas dunia tidak ingin umat-Nya dihakimi. Karena itu, Bapa mengutus Putra-Nya ke dunia sebagai terang untuk menerangi jalan hidup manusia menuju kehidupan yang kekal dan terhindar dari penghakiman.

Kita dipanggil Yesus untuk ambil bagian dalam tugas perutusan-Nya membawa terang keselamatan pada dunia, bukan untuk menghakimi dunia. 
Selanjutnya Yesus berkata, “Aku telah datang sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepadaKu, jangan tinggal di dalam kegelapan”. Yesus membawa terang bagi dunia yang mengalami kegelapan. Kita juga diajak untuk datang kepadaNya, supaya hidup kita diterangi oleh Kristus.
Siapa yang hidup dalam terang pasti tidak akan tersesat. Tetapi orang yang hidup dalam kegelapan pasti akan mengalami kebingungan dan tidak tahu arah.

Yesus sebagai terang sejati menerangi setiap pribadi yang mengikuti-Nya. Tugas setiap pengikut-Nya membawa Kabar Sukacita atau Injil-Nya kepada segala bangsa. Membawa Kabar Sukacita atau Injil itu identik dengan membawa Terang kepada orang-orang lain. Sikap seperti ini menunjukkan ketaatan kepada perintah Yesus. Dalam Gereja perdana, para rasul memiliki motivasi yang tinggi untuk mewartakan Injil. Firman Tuhan dikatakan makin tersebar dan makin banyak didengar orang. Roh Kudus bahkan berkata, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Barnabas dan Saulus juga ditemani Yohanes, Markus.

Bacaan hari mengundang kita untuk percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Terang sejati. Ia menerangi hidup kita dengan daya Roh-Nya. Ia juga menunjukkan kepada kita persekutuan-Nya yang akrab dengan Bapa di Surga. Kita juga harus percaya bahwa Tuhan memberi tugas khusus kepada kita untuk mewartakan Injil-Nya. Kita juga harus menjadi terang bagi sesama.

Oleh: Pater Eus Toda CMF
×
Berita Terbaru Update