-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mereka Adalah Sukacitaku yang Menyusuri Lorong Ini

Rabu, 05 Mei 2021 | 12:02 WIB Last Updated 2021-05-05T05:02:28Z
“Ketika keluhan mengawali sebuah pelayanan, maka sejatinya kita sedang membangun kemalasan untuk menyelesaikan pelayanan tersebut. Ketika ketakutan mendahului pelayanan, maka sejatinya kita sedang memadamkan bara pengharapan dalam diri kita dan sesama.”

Mereka adalah ranting yang berbuah melimpah!

Ketika komunitas-komunitas lain datang dan membawa kebutuhan pokok untuk mereka, sebagai daya tarik agar mereka menjadi anggota komunitas mereka, tak mematahkan mereka dari pohon iman mereka yaitu Yesus Kristus. 

Kami memang miskin harta, namun tidak berarti kami dengan mudah menjual dan mengkhianti Yesus atas nama harta, demikian bahasa iman ini yang menjadi penopang kesatuan mereka dengan Sang Pohon Sejati.

Mereka adalah ranting yang membuahkan harapan...

Ketika panas terik menyengat dan mengalirkan peluh membasahi raga, tak mengentikan semangat mereka untuk berjejak dan bertahan di lapangan terbuka tanpa atap hanya untuk menyatukan harapan mereka pada Sang Pohon Iman yaitu Yesus Kristus.

Ketika kursi-kursi sudah terisi dan sebagian tetap berdiri, tidak mematahkan harapan mereka bahkan tak mengundang langkah untuk meninggalkan tempat di mana Perayaan Ekaristi dipersembahkan.

Mereka adalah ranting yang membuahkan sukacita...

Kalian adalah bukti nyata ranting sejati yang tetap melekat kuat dan berakar pada Sang Pohon Sejati: Tuhan kita Yesus Kristus, demikian sapaan terimakasih kuhaturkan pada mereka dalam renungan sore ini.

Ketika debu menghampiri wajah mereka akibat terpaan angin yang kencang sore ini tidak membuat mereka bergeming mencari perlindungan. Senyum sukacita tetap terpancar dari wajah-wajah sederhana mewarnai kidung Ekaristi.

Mereka adalah sukacitaku menyusuri lorong sempit dalam aneka dandanan pemukiman sederhana dan aneka aroma menyengat hidung. Mereka adalah semangat dan harapan yang menyemangatiku menyusuri lorong sempit ini untuk meneguhkan dan menguatkan ranting pengharapan dan iman mereka agar tidak terlepas dari Sang Pohon Sejati: Yesus Kristus dan menghasilkan buah melimpah (bdk. Yoh 15:1-8).

Dari mereka saya diajarkan bahwa hanya orang beriman yang bertahan dalam penderitaan dan keterbatasan akan meletakan segala pengharapan dan sukacita pada Kristus, menyatu dan berakar di dalam Kristus yang menghasilkan buah pengharapan dan sukacita.

Manila: 02-Mei 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update